Berita Video

Video Serma Sudirman Berbagi Tips Budidayakan Selada Sistem Hidroponik

Serma Sudirman juga sedang asyik dengan pembudidayaan tanaman hidroponik, di sela kegiatannya sebagai prajurit TNI AD.

Penulis: dina indriani | Editor: abduh imanulhaq

TRIBUNJATENG.COM,BATANG -  Berikut ini video Serma Sudirman berbagi tips budidayakan selada sistem hidroponik.

Di sela-sela kegiatannya sebagai anggota TNI AD yang berdinas di Staf Teritorial Kodim 0736/Batang, Serma Sudirman juga sedang asyik dengan pembudidayaan tanaman hidroponik.


Berawal dari tugas pendampingan Program Ketahanan Pangan melalui Program Upsus Pajale (Padi,jagung dan Kedelai) pada tahun 2015 sampai dengan 2018.


Berkat tugas yang diamanatkan itu, ia mendapatkan pengalaman ilmu pertanian terutama ilmu pertanian modern yaitu pemberdayaan Greenhouse Media Hidroponik dan berlanjut hingga sekarang.


Dengan bangunan Green House sederhana menggunakan bambu dan peralon metode hidroponik di kebun miliknya mampu menarik warga yang lewat untuk sekedar mampir melihat kebun hidroponiknya.

 

Bahkan saat ini tanaman hidroponik di Green House miliknya tumbuh subur dan telah siap panen.


"Selada ini sudah siap panen, dengan umur tanam selama kurang lebih 30 hari, terlihat hijau segar," tuturnya sambil memanen selada hidproponik, Selasa (25/1/2022).


Serma Sudirman mengatakan, banyak rombongan dari kalangan pelajar, mahasiswa, Aparatur Sipil Negara (ASN) serta masyarakat umum yang sengaja datang ke kebun untuk sengaja melihat langsung dan belajar mengelola perkebunan sayuran dengan media hidroponik.


“Pembudidayaan tanaman hidroponik tidak harus menggunakan bangunan atau kontruksi yang mahal, dan tidak harus membutuhkan lahan yang luas.


Metode hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman,”jelasnya.


Sementara untuk bangunan bisa menggunakan bahan-bahan alami dan dibuat secara sederhana misalnya bisa menggunakan bambu atau kayu.


Adapun lahan bisa mengunakan pekarangan disekitar rumah kita, tidak perlu harus memiliki lahan yang luas.


“Metode hidroponik ini juga dapat dimanfaatkan masyarakat umum, untuk menanam sayur-sayuran dipelataran ataupun samping rumah mereka yang luas lahannya terbatas,” jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved