Sandiaga Optimistis 4.000 Restoran RI Buka di Luar Negeri pada 2023

Target pembukaan 4.000 restoran Indonesia di luar negeri itu merupakan Program Indonesia Spice Up The World.

Editor: Vito
(Dok. Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Uno 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno yakin target 4.000 restoran Indonesia ada di luar negeri bisa tercapai paling lama hingga akhir 2023 atau awal 2024.

"Pembukaan restoran Indonesia di luar negeri itu bertujuan untuk mempromosikan Indonesia," katanya, di Medan, Sumatera Utara, dilansir dari Antara, Jumat (4/2).

Menparekraf berada di Medan sejak Kamis (3/2) menghadiri Festival Budaya Tionghoa Indonesia, dan mengunjungi usaha pelaku ekonomi kreatif Kitchenette Brasserie, milik Michael Djuita, di kawasan Jalan Gerilya.

Target pembukaan 4.000 restoran Indonesia di luar negeri itu merupakan Program Indonesia Spice Up The World.

Selain membuka 4.000 restoran, program itu juga menargetkan peningkatan nilai ekspor produk bumbu dan rempah Indonesia hingga mencapai 2 miliar dolar AS.

"Pembukaan restoran Indonesia di mancanegara memberi nilai tambah kepada Indonesia," ujarnya.

Sandiaga tidak merinci sudah berapa banyak restoran kuliner nusantara di luar negeri hingga 2022.

Namun, dia memastikan, Kemenparekraf terus melakukan pembinaan dan memfasilitasi pengusaha untuk membuka restoran di luar negeri.

Kemenparekraf bekerja sama dengan pihak terkait seperti perwakilan Indonesia di luar negeri agar pembukaan restoran di luar negeri bisa cepat terwujud.

Mengenai ekspor bumbu, Sandiaga menyatakan, aktivitas itu juga sudah semakin berkembang baik, seperti sudah ada dijual bumbu rendang, nasi goreng, sate, dan soto.

Adapun, ekspor rempah seperti lada, jahe, pinang, dan lainnya juga sudah semakin berkembang.

"Harapan Indonesia menjadi destinasi kuliner dunia diharapkan cepat terwujud, sehingga wisatawan merasakan ada nilai tambah datang ke Indonesia," ucapnya. (Kompas.com/Akhdi Martin Pratama)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved