Berita Karanganyar

Solo Hiking di Jalur Pendakian Gunung Lawu Wilayah Karanganyar Sementara Tidak Diizinkan

Solo hiking atau pendakian seorang diri di jalur pendakian Gunung Lawu wilayah Kabupaten Karanganyar baik itu via Candi Cetho dan Cemoro Kandang

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy
agus iswadi
Rombongan pendaki melakukan pendakian ke Gunung Lawu melalui jalur Candi Cetho Desa Gumeng Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Solo hiking atau pendakian seorang diri di jalur pendakian Gunung Lawu wilayah Kabupaten Karanganyar baik itu via Candi Cetho dan Cemoro Kandang sementara tidak diizinkan. 

Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Sunardi menyampaikan, pembatasan solo hiking dilakukan karena pertimbangan faktor cuaca dan keselamatan. Kebijakan itu mulai diberlakukan di jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho sejak kemarin. 

"Di jalur Candi Cetho sudah, jalur Cemoro Kandang akan secepatnya diberi informasi supaya solo hiking distop dulu (sementara)," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Kamis (10/2/2022). 

Dia menuturkan, apabila hendak melakukan pendakian minimal dua orang. Lanjutnya, faktor cuaca turut berdampak terhadap waktu tempuh para pendaki belakang ini. 

Oleh karena itu pihaknya juga mengimbau kepada para pendaki supaya mempersiapkan fisik dan peralatan apabila hendak melakukan pendakian. Seperti wajib mengenakan sepatu, penambahan jumlah logistik dan lainnya. 

"Biasanya kan estimasi dua hari, naik Sabtu, Minggu turun. Tapi ada yang molor sampai Senin karena cuaca," ucapnya. 

Sunardi mengungkapkan, cuaca ekstrim turut berdampak terhadap tingkat kunjungan atau aktivitas pendakian di Gunung Lawu melalui jalur pendakian wilayah Karanganyar. 

"Mulai November (2021), turun. Weekend saja (via Candi Cetho) bisa 150-200 orang biasanya. Kalau ini paling 50 mentok. Kadang harian (hari biasa) tidak ada pendaki, satu atau dua rombongan," ungkapnya.

Adapun kebijakan pembatasan solo hiking akan dicabut sembari menunggu perkembangan kondisi cuaca. (Ais).

Caption: Rombongan pendaki melakukan pendakian ke Gunung Lawu melalui jalur Candi Cetho Desa Gumeng Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar.

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved