Stikes Telogorejo Semarang

Aktivitas Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Untuk mendapatkan udara yang bersih jalan pagi dapat dilakukan setelah subuh pada pukul 05.00 WIB.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Ilustrasi Olahraga Jalan Kaki 

Oleh: Linda Pramusinta STrFtr MKes, Dosen S1 Fisioterapi STIKES Telogorejo Semarang

BERJALAN kaki merupakan olahraga yang bersifat ringan, mudah, murah dan sederhana. Jalan pagi adalah aktivitas yang dilakukan seseorang di waktu pagi hari, untuk mendapatkan udara yang bersih jalan pagi dapat dilakukan setelah subuh pada pukul 05.00 WIB. Untuk jalan pagi yang baik agar tidak terlalu panas tidak melebihi pukul 10.00 WIB.

Manfaat dan tujuan dari jalan pagi ini adalah untuk mengaktifkan sel dan jaringan di seluruh tubuh serta untuk merefleksikan sendi-sendi. Kemudian enguatkan otot tungkai bawah terutama pada pergelangan kaki dan dapat membuat tubuh lebih mudah mengeluarkan keringat. Jadi aktivitas ini dapat membantu menetralisirkan racun didalam tubuh.

Linda Pramusinta, S.Tr.Ftr., M.Kes - Dosen S-1 Fisioterapi STIKES Telogorejo Semarang
Linda Pramusinta, S.Tr.Ftr., M.Kes - Dosen S-1 Fisioterapi STIKES Telogorejo Semarang (IST)

Akitvitas jalan pagi tidak hanya dilakukan oleh lansia tapi aktivitas ini baik sekali dilakukan oleh anak remaja, orang dewasa hingga lansia. Selain melatih otot-otot tubuh untuk berkontraksi dengan baik jalan pagi juga dapat merileksasikan pikiran.

Yang perlu kita ketahui

Jalan pagi sangat baik dilakukan oleh orang yang mempunyai tekanan darah tinggi. Sebab, aktivitas ini apabila dilakukan secara teratur dapat mengurangi stress, melancarkan peredaran darah, memperkuat otot-otot jantung, dan membakar lemak di dalam darah serta dapat menurunkan berat badan.

Jalan pagi yang dilakukan selama 30 menit dengan frekuensi 4 kali dalam seminggu dapat membantu menurunkan tekanan sistolik sebanyak 20 mmHg dan pada tekanan diastolik sebanyak 10 mmHg. sedangkan jalan pagi yang dilakukan selama <30>

Aktivitas Sederhana, Manfaatnya Tak Terhingga… (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved