Berita Jakarta

Kontraktor Proyek Sirkuit Formula E Minta Tambahan Biaya untuk Tangani Lahan Berlumpur

Kontraktor proyek pembangunan sirkuit Formula E di Ancol DKI jakarta kesulitan untuk memadatkan jalan karena kondisi lahan berlumpur.

Editor: m nur huda
KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO
Alat berat di lokasi pengerjaan pembangunan sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara, Rabu (23/2/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kontraktor proyek pembangunan sirkuit Formula E di Ancol DKI jakarta kesulitan untuk memadatkan jalan karena kondisi lahan berlumpur.

Penanggung jawab pembangunan sirkuit Formula E dari Jaya Konstruksi, Ari Wibowo, mengatakan perlu biaya tambahan karena lokasi sirkuit tidak bisa langsung ditimpa dengan material pembangunan sirkuit.

"Ada double handling, dua kali angkut. Itu yang nambah biaya," ujar Ari saat ditemui di lokasi sirkuit Formula E, Rabu (23/2/2022).

Ari menjelaskan, material yang siap pakai biasanya bisa langsung digunakan untuk pembangunan jalur.

Namun, karena area sirkuit Formula E masih berlumpur, maka perlu dipadatkan terlebih dahulu.

Sementara itu, Managing Director Formula E dari PT Jakarta Propertindo Gunung Kartiko mengatakan mereka belum menghitung soal penambahan biaya.

Saat ini, kata Gunung, perhitungan biaya masih sama dengan nilai kontrak yang diajukan, yaitu Rp 50 miliar.

"Belum ada penambahan (biaya)," kata Gunung.

Sirkuit Formula E nantinya dibangun di atas tanah berlumpur yang sudah dipasangi cerucuk atau kayu galang yang dimasukan ke tanah dalam jumlah besar untuk memadatkan tanah.

Setelah itu, tanah dilapisi oleh bambu yang berfungsi sebagai penahan beban agar struktur tanah tidak turun dengan cepat.

Bambu-bambu tersebut nantinya ditimpa oleh batu kapur atau limestone setinggi 50 sentimeter yang berfungsi sebagai penyerap air, selanjutnya dilapisi lapisan karpet atau geotextile non woven yang berfungsi agar air tidak merembes ke atas aspal.

Geotextile tersebut kemudian akan diberikan batu hitam setinggi 20 sentimeter, kemudian ditimpa dengan aspal hotmix setebal 15 sentimeter, dan terakhir dilakukan pengaspalan halus dua lapis.

Lapis pertama setebal 7 sentimeter dan lapis kedua setebal 5 sentimeter.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bakal Sirkuit Formula E Berlumpur, Kontraktor Sebut Perlu Tambahan Biaya

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved