Konflik Rusia dan Ukraina

Wakil Menteri Pertahanan Belarus Mengundurkan Diri karena Tak Setuju Invasi Rusia ke Ukraina

Wakil Menteri Pertahanan Belarus dikabarkan mengajukan pengunduran diri karena tak setuju dengan invasi Rusia ke Ukraina. 

AFP
Mentri Pertahanan Belarus Viktor Khrenin dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu (kiri) sebelum pertemuan dengan Presiden Belarusia di Minsk pada 3 Februari 2022. Wakil Menteri Pertahanan Belarus Mayjen Viktor Gulevich dikabarkan telah mengirim surat pengunduran diri kepada Viktor Khrenin. 

TRIBUNJATENG.COM -- Wakil Menteri Pertahanan Belarus dikabarkan mengajukan pengunduran diri.

Mayor Jenderal Viktor Gulevich melakukannya karena tak setuju dengan invasi Rusia ke Ukraina

Viktor Gulevich juga dilaporkan mengklaim bahwa dia tidak dapat mendukung invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga: Bandara di Vinnytsia Ukraina Hancur Dihantam 8 Rudal Rusia

Ia berpendapat bahwa personel unit militer Belarus menolak untuk mengambil bagian dalam permusuhan.

Menurutnya, saat ini Angkatan Bersenjata Belarus bahkan tidak dapat membentuk satu batalion.

Gulevich termasuk di antara sejumlah pejabat Belarus yang menghadapi sanksi ekonomi dari pemerintah Inggris karena kedekatan mereka dengan Vladimir Putin.

Dia dituduh mengarahkan latihan militer bersama dengan Rusia, dan menyetujui pengerahan pasukan Rusia di sepanjang perbatasan Belarus dengan Ukraina - yang, menurut klaim pemerintah Inggris, 'secara langsung berkontribusi pada kemampuan Rusia untuk menyerang Ukraina'.

Dalam surat pernyataan yang ditujukan kepada Menteri Pertahanan saat ini Viktor Khrenin, Gulevich mengatakan: "Melakukan pekerjaan untuk memberikan penjelasan dengan komandan unit militer tidak membuahkan hasil. Saya berani berasumsi bahwa penggantian komandan unit militer ini, yang tidak dapat mengatur pembentukan kelompok di lapangan, tidak akan memberikan hasil yang kami butuhkan."

"Mengingat hal di atas, saya meminta keputusan Anda tentang penerimaan pengunduran diri saya."

Gambar surat itu dibagikan oleh mantan Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Alexander Nosov.

 
Kementerian Pertahanan Belarus mempertanyakan keaslian surat tersebut dan mengatakan bahwa Gulevich tidak dapat meminta pengunduran diri kepada Menteri Pertahanan. Ia seharusnya mengundurkan diri kepada Panglima Angkatan Bersenjata Republik Belarus.

Kementerian juga membantah klaimnya dan mengatakan formasi dan unit militer Belarus memiliki staf '100 persen'.

Oleksiy Arestovych, penasihat kepala kantor kepresidenan Ukraina, mengatakan dia sedang memeriksa informasi seputar pengunduran diri Gulevich.

Berbicara kepada Rada TV pada Minggu pagi, Arestovych mengklaim tentara Rusia melakukan penembakan dari Belarus dan menyandera negara itu selama invasi ke Ukraina.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved