Berita Regional

Warga Minang Dikabarkan Tolak Bantuan Menag Yaqut Rp 2,35 M untuk Korban Gempa Pasaman, Cek Faktanya

Warga Minang Sumatera Barat dikabarkan tolak bantuan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebesar Rp 2,35 miliar untuk korban gempa Pasaman

Penulis: galih permadi | Editor: galih permadi
Istimewa
Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas saat melakukan Pencanangan Revitalisasi KUA di KUA Banjarnegara, Sabtu (29/5/21) malam. 

TRIBUNJATENG.COM - Warga Minang Sumatera Barat dikabarkan tolak bantuan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebesar Rp 2,35 miliar untuk korban gempa Pasaman Barat, beberapa waktu lalu.

Video bernarasi penolakan bantuan tersebut tersebar di media sosial.

Beredar di media sosial Facebook unggahan sebuah video yang menampilkan beberapa orang di sebuah ruangan dengan latar belakang bertuliskan "RAPAT KERJA LKAAM PROVINSI SUMATERA BARAT".

Dikutip dari laman kominfo.go.id, ternyata video tersebut Hoaks.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa masyarakat Minangkabau menolak dan mengembalikan bantuan gempa Pasaman Barat dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebesar 2,3 miliar yang disampaikan di rapat kerja Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Provinsi Sumbar merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, LKAAM dan Niniak Mamak se-Sumatera Barat tidak pernah menyatakan penolakan terhadap bantuan Menteri Agama.

Masyarakat Sumbar justru berterima kasih atas perhatian Menag kepada korban musibah gempa bumi di Pasaman dan Pasaman Barat.

Bantahan ini disampaikan oleh Ketua Umum LKAAM Sumbar Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si. Datuak Nan Sati dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/3/2022).

Ia mengatakan, pernyataan yang disampaikannya adalah mengharamkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menginjakkan kaki di Minangkabau.

Hal ini lantaran pernyataan Yaqut yang membandingkan suara mik azan dengan suara gonggongan anjing.

Hoaks Warga Minang Sumatera Barat tolak bantuan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebesar Rp 2,35 miliar untuk korban gempa Pasaman
Hoaks Warga Minang Sumatera Barat tolak bantuan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebesar Rp 2,35 miliar untuk korban gempa Pasaman (ISTIMEWA)

Ingin Hadirkan Paus Fransiskus

Berita lain, Menteri Agama (Menag) H Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut berkeinginan mengundang pemimpin umat Katolik Paus Fransiskus ke Indonesia.

Menag Gus Yaqut mengatakan, ia ingin mengajak Paus Fransiskus melihat indahnya keberagaman masyarakat Indonesia.

“Saya ingin menghadirkan Paus Fransiskus ke Indonesia untuk melihat langsung indahnya keberagaman di Indonesia, sekaligus menyapa umat Katolik Indonesia secara langsung,” ujar Menag saat memberikan sambutan pada Pertemuan Nasional Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia di Nusa Dua, Denpasar, Bali, Senin (7/3/2022), sebagaimana dikutip dari website https://kemenag.go.id/. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved