Berita Nasional

Selain Paus Fransiskus, Menag Gus Yaqut Juga Akan Hadirkan Imam Besar Al Azhar ke Indonesia

Selain akan menghadirkan Paus Fransiskus, Menag Yaqut Cholil Qoumas juga akan menghadirkan Grand Syeikh Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb ke Indonesia.

Editor: m nur huda
Istimewa/Facebook/Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, atau Gus Yaqut 

TRIBUNJATENG.COM - Selain akan menghadirkan Pimpinan Geraja Katolik di Vatikan Paus Fransiskus, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas juga akan menghadirkan Grand Syeikh atau Imam Besar Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb ke Indonesia.

Hal itu disampaikan Menag Gus Yaqut saat memberikan pembinaan pada ASN Kemenag di Jakarta, Rabu (9/3/2022).

“Selain Paus Fransikus, saya bersama tim tengah berusaha mengundang Grand Syekh Al-Azhar untuk bisa hadir ke Indonesia,” terang Menag Gus Yaqut sebagaimana dikutip dari website Kemenag, https://kemenag.go.id/.

Menurut Menag, Grand Syeikh Al-Azhar Ahmed Al Tayeb dan Paus Fransiskus adalah dua tokoh penting yang terus mengupayakan perdamaian dunia.

Keduanya pada 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, telah mendeklarasikan Piagam Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian dan Hidup Berdampingan.

Salah satu poin pokok deklarasi ini, kata Menag, adalah mengajak umat manusia untuk hidup bersama dalam semangat persaudaraan, dan menjadikan agama sebagai inspirasi.

“Saya ingin mengundang dua tokoh mulia ini hadir ke Indonesia untuk menyaksikan bahwa apa yang pernah dideklarasikan di Abu Dhabi itu sudah lama dilaksanakan di Indonesia, bahkan mungkin sejak Indonesia ini belum berdiri,” tegas Menag.

Kepada jajarannya dan seluruh masyarakat Indonesia, Menag memohon doa dan dukungan agar kesempatan menghadirkan dua tokoh dunia ini bisa segera datang.

“Ini tentu akan menjadi kebahagiaan buat kita semua, dua tokoh agama besar di dunia bisa bertemu di Indonesia yang dikenal memiliki keragaman, baik keragamaan agama, budaya, suku, etnis, dan lain sebagainya,” harapnya.

Diberitakan Tribunjateng.com sebelumnya, Menag Gus Yaqut berkeinginan mengundang pemimpin umat Katolik Paus Fransiskus ke Indonesia.

Menag Gus Yaqut mengatakan, ia ingin mengajak Paus Fransiskus melihat indahnya keberagaman masyarakat Indonesia.

“Saya ingin menghadirkan Paus Fransiskus ke Indonesia untuk melihat langsung indahnya keberagaman di Indonesia, sekaligus menyapa umat Katolik Indonesia secara langsung,” ujar Menag saat memberikan sambutan pada Pertemuan Nasional Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia di Nusa Dua, Denpasar, Bali, Senin (7/3/2022).

Gus Yaqut berharap, ketika kondisi sudah normal dari pandemi covid-19, rencana tersebut dapat diwujudkan.

"Saya minta Pak Plt Dirjen Katolik menjajaki rencana mengundang beliau," sambung Menag di hadapan pemimpin perwakilan umat Katolik se-Indonesia. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved