Berita Jepara

Warga Beragam Suku Hidup Rukun di Karimunjawa Jepara, Miniatur Indonesia

Warga Karimunjawa yang berasal dari beragam suku. Selain dihuni Suku Jawa, di beberapa tempat juga dihuni oleh warga dari Suku Madura dan Suku Bugis.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: m nur huda
Humas Pemkab Jepara
Bupati Jepara saat meninjau rumah adat di Karimunjawa. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Warga Karimunjawa yang berasal dari beragam suku. Selain dihuni Suku Jawa, di beberapa tempat juga dihuni oleh warga dari Suku Madura dan Suku Bugis.

Mereka telah turun-temurun tinggal di pulau tersebut.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan keragaman suku di Karimunjawa adalah sesuatu yang harus disyukuri. Dia juga juga mengapresiasi warga Karimun yang bisa menjaga kerukunan.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyerahkan bantuan kepada warga Karimunjawa.
Bupati Jepara Dian Kristiandi menyerahkan bantuan kepada warga Karimunjawa. (Dok. Humas Pemkab Jepara)

"Karimunjawa ini ibarat miniatur Indonesia. Terdiri dari berbagai macam suku, agama, kebudayaan hingga bahasa. Alhamdulilah sampai saat ini sangat terjaga kerukunannya," kata dia, saat akan membuka pertunjukkan wayang di Alun-alun Kecamatan Karimunjawa, Sabtu (12/3/2022) malam.

Sebagai bentuk apresiasinya, pria yang akrab disapa Andi itu juga mengenakan peci khas Bugis saat menyampaikan sambutan.

Menurutnya masing suku-suku di Karimunjawa bisa menaturalisasi budaya tetapi bisa berbaur.

"Kerukunan dan guyub rukun yang ditunjukkan masyarakat Karimunjawa menjadi modal untuk membangun, utamanya di sektor pariwisata," imbuhnya.

Dalam kesempatan pertemuan itu juga, Bupati Dian Kristiandi menyerahkan bantuan kepada warga Desa Karimunjawa dan Kemojan.

Diantaranya yakni beras dan bantuan modal usaha. Untuk seluruh Kecamatan Karimunjawa, beras yang disalurkan sejumlah 10 ton. Sedangkan zakat produktif yang dikelola oleh Baznas Jepara diberikan dalam bentuk modal usaha.(yun)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved