Sepanjang Sungai Ini Dipenuhi Ikan Warna Warni

Kabupaten Klaten merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki berbagai objek wisata. Yaitu wisata alam, wisata candi Prambanan dan lain-lain

Editor: iswidodo
tribunjateng/mahasiswa UIN Solo Magang
WATER GONG - Sungai pendek dari umbul alami dipenuhi berbagai jenis ikan warna warni, di Desa Pusur, Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. (Maratul Latifah/Mahasiswa UIN Solo Magang Tribunjateng.com) 

TRIBUNJATENG.COM, KLATEN - Kabupaten Klaten merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki berbagai objek wisata. Yaitu wisata alam, wisata candi Prambanan dan lain-lain, serta wisata sendang atau sumber mata air alami.

Satu di antaranya yaitu Umbul Water Gong. Water Gong merupakan wisata sekaligus rumah makan yang viral belakangan ini. Letak objek wisata ini berada di Desa Pusur, Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten.

Objek wisata ini menarik perhatian para warganet lantaran keindahan sungainya. Pasalnya sungai yang memiliki panjang kurang lebih 100 meter ini dipenuhi oleh ikan dari berbagai jenis dan warna.

Salah satu jenis ikan yang ada adalah ikan nila dengan berbagai warna. Selain itu juga terdapat ikan koi dan ikan mas. Pengunjung bisa memberi makan ikan dan membeli pakan.

Devi seorang pengunjung objek wisata yang merupakan warga sekitar mengatakan, dahulu sebelum dijadikan sebagai tempat wisata Water Gong adalah sungai yang terletak di pinggir sawah dengan keadaan yang belum terawat. Namun sekarang sungai ini sudah terawat dan bebas dari sampah karena dikelola.

Di hulu sungai masih terdapat aliran yang digunakan oleh para warga sekitar untuk memancing dan menikmati senja sambil melihat Water Gong dari atas. Dalam objek wisata sendiri juga terdapat fasilitas lain yang menambah nilai estetika objek wisata ini, seperti kincir air dan jembatan. Water Gong juga terdapat rumah makan dengan aneka menu.

Devi menambahkan bahwa objek wisata ini cukup murah, tiket masuk yang dipatok hanya Rp 5 ribu per orang. Masuk dalam kawasan wisata ini kita akan disuguhkan dengan sungai yang memanjang yang dipenuhi ribuan ikan. Kita juga dapat menyeberang di sisi sungai menggunakan jembatan yang juga dapat dijadikan spot foto.

Tempat makan yang ada di sini tidak hanya menyediakan minuman dan camilan saja, melainkan menyediakan olahan dari berbagai jenis ikan. Olahan ikan di sini dibumbui dengan berbagai rempah yang sekaligus menambah keindahan dan kenyamanan ketika berada di tempat ini.

Pada bagian atas Water Gong juga terdapat sawah yang menambah kesejukan mata dalam memandang. Fasilitas yang ada di objek wisata ini cukup lengkap. Tempat wisata ini buka tiap hari. Tak sekadar memberi makan ikan saja, mereka juga asyik bermain air. (Maratul Latifah/Mahasiswa UIN Solo Magang Tribunjateng.com)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved