Beacukai tanjungemas

Bea Cukai Launching Trucking Online, Tingkatkan Kinerja Logistik Pelabuhan Tanjung Emas

Bea Cukai Tanjung Emas sukses launching program trucking online bersama Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA) Tanjung Emas dan Click Cargo.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Bea Cukai Launching Trucking Online 

TRIBUNJATENG.COM - Bea Cukai Tanjung Emas sukses launching program trucking online bersama Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA) Tanjung Emas dan Click Cargo.

Hal ini sebagai langkah awal digitalisasi layanan trucking dalam rangka mengakselerasi implementasi program National Logistic Ecosystem di Pelabuhan Tanjung Emas guna meningkatkan kinerja logistik, memperbaiki iklim investasi dan meningkatkan daya saing perekonomian khususnya di Jawa Tengah.

Bea Cukai Launching Trucking Online
Bea Cukai Launching Trucking Online (IST)

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Anton Martin, pada acara tersebut mengatakan bahwa, “Layanan kolaborasi ini menghubungkan platform-platform trucking, sehingga request dan tracking dapat dilakukan melalui National Logistic Ecosystem.

Trucking online diharapkan mempermudah pengguna jasa untuk memperoleh jasa trucking yang sesuai spesifikasi kebutuhan dengan harga yang kompetitif.

Digitalisasi layanan trucking ini diharapkan dapat memberikan transparansi, symmetric information , serta berfungsi sebagai track and trace pada layanan pengangkutan yang menggunakan truk guna efisiensi pergerakan dan utilisasi idle capacity,” ujarnya. 

Hal ini didukung oleh Ketua DPC Organda Tanjung Emas, Purwo Widodo, “Kami siap mensukseskan NLE bidang trucking khususnya di Jawa tengah.

Kami mohon bimbingan dan arahan dari bea cukai selaku koordinator NLE agar kami dapat secara maksimal berkontribusi membangun iklim logistik yang baik khususnya di bidang trucking,” terangnya mendukung langkah pemerintah dalam mensukseskan program NLE.

Sedangkan Clickargo adalah platform logistik digital yang terintegrasi dengan Bea Cukai dalam rangka NLE dan ditunjuk sebagai LPL untuk pembayaran bea dan pajak pemerintah, sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan efisiensi di sektor logistik dan meningkatkan daya saing perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

“Salah satu tugas kita adalah menaikkan performa logistik kita baik secara nasional maupun internasional.

National Logistic Ecosystem bukan hanya membangun sistem, akan tetapi mencoba mengkolaborasikan berbagai sistem di negara ini.

NLE melakukan kolaborasi government to government, business to business dan business to government,” terang Direkur Informasi Kepabeanan dan Cukai, Agus Sudarmadi.(*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved