Berita Pendidikan

Bersinergi dengan Wisata Hati, FK Unissula Adakan Pengobatan Massal di Magelang

Fakultas Kedokteran (FK) Unissula Semarang mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Penyuluhan dan Pengobatan Masal.

Editor: m nur huda
Istimewa
Dokter Dirga Rachmad saat memaparkan materi penyuluhan kesehatan “Waspada Nyeri Kepala Akibat Tumor Otak” kepada masyarakat Kampung Mualaf, Bancak Kulon, Sawangan, Magelang, Minggu (20/3/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, MAGELANG - Fakultas Kedokteran (FK) Unissula Semarang mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Penyuluhan dan Pengobatan Masal.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Minggu (20/3/2022) lalu dan mendapat sambutan antusias dari masyarakat Kampung Mualaf, Bancak Kulon, Sawangan, Magelang.

Acara PPM kali ini terlaksana berkat kerjasama FK Unissula dengan Wisata Hati Jawa Tengah.

Adapun, kegiatan diawali dengan penyuluhan kesehatan oleh tim penyuluh yaitu dr Dirga Rachmad A, M Neurosci MKedKlin SpBS yang menyampaikan “Waspada Nyeri Kepala Akibat Tumor Otak”.

"Jika seseorang mengalami nyeri kepala yang disebabkan karena tumor otak, harus diwaspadai tanda-tandanya bersifat kronik progesif, semakin lama semakin memberat sakitnya, paling sering disertai dengan mual, muntah dan bahkan kejang," kata dr Dirga Rachmad melalui keterangan tertulis pada Tribunjateng.com, Kamis (24/3/2022).

Ia mengungkapkan, apabila mengalami gejala tumor otak dan sudah melakukan pengobatan warung dan tidak kunjung hilang sakitnya, segera periksa ke dokter (saraf atau bedah saraf) untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

"Jangan sampai datang ke dokter tapi penyakit sudah memburuk dan sudah terlambat untuk ditangani," ungkapnya.

Narasumber kedua, Dr dr Susilorini MSi Med SpPA menyampaikan tentang “Manfaat Puasa Untuk Kesehatan”.

Puasa selain kewajiban, juga bagus untuk kesehatan, dalam diri manusia juga terdapat ekosistem seperti bakteri, virus, cacing, jamur.

Masing-masing bakteri yang harus dijaga keseimbangannya, dengan menjaga ekosistem tersebut kita tidak mudah sakit, seperti makan tidak boleh berlebihan.

"Pada intinya hakikat orang berpuasa adalah mereset ekosistem usus, meningkatkan bakteri baik, detoksifikasi, autofagi, meregenerasi sel, menjaga kestabilan gula dalam darah," kata dr Susilorini.

Turut hadir dalam kesempatan ini dr Dian Ayu L, SpAn dan dr R. Vito Mahendra E., MSiMed SpB SubspBD(K) dokter RSI Sultan Agung Semarang yang melakukan pemeriksaan kesehatan, satu analis melakukan cek kolestrol, asam urat, gula darah dibantu empat mahasiswa coas dan empat mahasiwa farmasi yang memberikan obat-obatan yang sudah diresepkan oleh dokter pemeriksa kesehatan beserta masker kepada masyarakat.

Acara penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan gratis yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB dengan target 70 orang terlayani berjalan dengan lancar.(*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved