Pemkab Sukoharjo Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2023

Pemkab Sukoharjo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) 2023 di Auditorium Menara Wijaya.

istimewa
Bupati-Wakil Bupati Sukoharjo, Etik Suryani-Agus Santosa foto bersama pejabat Forkopimda saat pembukaan Musrenbang RKPD, Rabu (30/3/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Pemkab Sukoharjo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) 2023 di Auditorium Menara Wijaya, Rabu (30/3/2022).


Musrenbang RKPD tersebut dibuka oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, dan dihadiri sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).


Bupati mengatakan, karena masih dalam situasi pandemi, pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun ini dilaksanakan secara hibrid dimana acara luring dan daring. Untuk acara luring digelar di Auditorium Menara Wijaya Lantai 10.


Menurut Bupati, Musrenbang RKPD bertujuan sebagai sarana rembug bareng dengan seluruh pemangku kepentingan di daerah terhadap berbagai permasalahan yang ada.


Sehingga kebijakan pembangunan tahunan daerah yang nantinya direncanakan benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


“Kita harus membangun kesadaran kembali bahwa kualitas perencanaan akan menentukan kualitas pembangunan daerah dan kesalahan dalam perencanaan sama artinya dengan merencanakan kegagalan,” ucapnya.


Etik mengatakan, tahun 2023 merupakan tahun ketiga dalam rangka pencapaian visi Pemkab Sukoharjo, yakni Mewujudkan Masyarakat Sukoharjo yang Lebih Makmur. 


Mendasarkan pada isu-isu strategis yang ada, tema pembangunan daerah yang diusung adalah “Peningkatan Kesejahteraan dan Perekonomian Masyarakat Didukung Daya Saing Ekonomi Daerah”.


Untuk mendukung tema tersebut, secara makro telah memiliki modal pembangunan yang berharga, berupa capaian kinerja pembangunan yang menggembirakan. Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa capaian pembangunan yang ada.


Data tahun 2021 yang dirilis BPS tahun 2022 menunjukkan angka pertumbuhan daerah 3,82 persen, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 77,13 persen lebih tinggi dari angka provinsi dan nasional.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved