Berita Sukoharjo

Resmikan Kampung Pancasila di Mojolaban Sukoharjo Inisiasi Kodim, Bupati Etik Berikan Apresiasi

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani meresmikan Kampung Pancasila yang berada di Dukuh Nglayang, Desa Klumprit, Kecamatan Mojolaban

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: muslimah
Pemkab Sukoharjo
Bupati Sukoharjo Etik Suryani bersama Wakil Bupati Agus Santoso, Dandim Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat meresmikan Kampung Pancasila di Dukuh Nglayang, Desa Klumprit, Kecamatan Mojolaban, Kamis (31/3/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Bupati Sukoharjo, Etik Suryani meresmikan Kampung Pancasila yang berada di Dukuh Nglayang, Desa Klumprit, Kecamatan Mojolaban, Kamis (31/3/2022).

Pendirian Kampung Pancasila merupakan inisiasi Kodim 0726/Sukoharjo. Hadir dalam peresmian tersebut Wakil Bupati, Agus Santosa, Dandim Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, dan Kapolres, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan.

Etik mengapresiasi Kodim 0726 Sukoharjo yang telah menginisiasi berdirinya Kampung Pancasila. Menurutnya, Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia dan juga pandangan hidup.

Sebagai pandangan hidup, Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang telah digagas dan dikaji oleh para tokoh terdahulu.

Menurut Etik, nilai-nilai tersebut memperhatikan segala aspek dalam kehidupan. Dewasa ini, nilai-nilai Pancasila mengalami ketimpangan-ketimpangan yang mengakibatkan pudarnya nilai-nilai Pancasila.

Ketimpangan itu terjadi, lanjut Etik, karena kurangnya kedasaran masyarakat dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, adanya pengaruh globalisasi juga memperingaruhi nilai-nilai Pancasila, arus globalisasi dapat memberikan peluang dan juga ancaman.

Peluang tersebut dapat digambarkan bahwa globalisasi dapat memiliki pengaruh bagi pertumbuhan dan pembangunan bangsa dan negara.

Sedangkan ancamannya dapat digambarkan berupa kekhawatiran yang terjadi terhadap tergerusnya identitas bangsa Indonesia.

"Untuk itu saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penyelenggaraan kegiatan peresmian Kampung Pancasila ini. Saya harap Kampung Pancasila Dukuh Nglayang Desa Klumprit dapat menjadi contoh bagi kelurahan/desa lain di Sukoharjo," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved