Liputan Khusus

Kala Harga Minyak Goreng Curah Terus Naik Mendekati Migor Kemasan

Di beberapa pasar tradisional, agen dan distributor minyak goreng curah, terjadi antrean panjang. Mereka para pengguna migor curah membawa jeriken

Tribun Jateng/ Mazka Hauzan Naufal
Tanda minyak goreng curah habis yang diletakkan di depan Toko Kaffah Pati 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Di beberapa pasar tradisional, agen dan distributor minyak goreng curah, terjadi antrean panjang. Mereka para pengguna migor curah membawa jeriken dan wadah lainnya untuk membeli minyak goreng curah.

Kondisi ini terbalik bila dibandingkan beberapa pekan lalu, di mana stok minyak goreng kemasan di swalayan maupun minimarket minim. Pembelian migor kemasan dibatasi maksimal 2 liter dengan harga Rp 28 ribu per dua liter.

Waktu itu harga migor curah Rp 15.000 per liter. Orang pilih migor kemasan dan migor curah sepi peminat.

Setelah kebijakan HET dicabut, maka migor kemasan di kisaran Rp 50 ribu per dua liter. Sedangkan migor curah masih Rp 15 ribu per liter. Perbandingan harga migor curah dan migor kemasan selisih kira-kira Rp 10 ribu per liter.

Ketika stok migor kemasan melimpah di swalayan maupun minimaket, dengan macam-macam merk baru bermunculan, banyak orang justru memilih migor curah karena jauh lebih murah.

Tribunjateng.com melakukan penelusuran dan memantau fakta terkini terkait minyak goreng curah di beberapa daerah, 30 Maret hingga 3 April 2022.

Di Banyumas, mudah ditemukan minyak goreng kemasan di pusat perbelanjaan maupun minimarket.

Bahkan di pasar-pasar tradisional pun gampang cari minyak goreng kemasan, baik dalam plastik maupun botol. Sedangkan migor curah tidak tersedia stoknya.

"Minyak goreng curah tidak ada sudah kosong 1 mingguan. Tadi wara-wiri banyak yang tanya minyak goreng, pas dibilang minyak goreng curah kosong pada nggak jadi beli.

Harga minyak goreng kemasan lebih mahal," ungkap Mardiyah (52) pedagang minyak goreng di Pasar Banyumas, Jumat (1/4/2022).

Di Pasar Banyumas, harga minyak goreng curah Rp 20.000 per liter. Sedangkan migor kemasan Rp 22-23 ribu tergantung merk.

"Biasanya dapat 17 kilogram sehari langsung habis. Dari sananya Rp. 18.000 saya jualnya Rp. 20.000," ungkap Sukini (60) pedagang sembako di pasar Banyumas.

Sedangkan di pasar Sokaraja beberapa pedagang masih memiliki stok minyak goreng curah namun dalam jumlah yang terbatas.

Mereka mengaku kesulitan mendapatkan stok minyak goreng curah dan mengeluh tingginya harga minyak goreng curah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved