Berita Purbalingga

Pemkab Purbalingga Gencarkan Kampanye Gemar Ikan, Sasar Desa-Desa untuk Penanganan Stunting

Kampanye Gemarikan di Kabupaten Purbalingga diprioritaskan menyasar ke desa-desa.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: sujarwo
TRIBUNBANYUMAS/Ist. Pemkab Purbalingga
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi saat Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) kepada ibu-ibu dan anak-anak di Kantor Balai Desa Condong, Kecamatan Kertanegara, Rabu (6/4/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA – Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kabupaten Purbalingga diprioritaskan menyasar ke desa-desa yang menjadi lokus penanganan stunting atau (gangguan pertumbuhan kronis anak). 

Hal ini diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Purbalingga, Heru Budi Hartono, Rabu (6/4/2022) di Kantor Balai Desa Condong, Kecamatan Kertanegara.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi saat Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) kepada ibu-ibu dan anak-anak di Kantor Balai Desa Condong, Kecamatan Kertanegara, Rabu (6/4/2022).
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi saat Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) kepada ibu-ibu dan anak-anak di Kantor Balai Desa Condong, Kecamatan Kertanegara, Rabu (6/4/2022). (TRIBUNBANYUMAS/Ist. Pemkab Purbalingga)

"Sasaran lokasi kampanye Gemarikan ini disamping kami melihat angka kemiskinan dari DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Kami juga memilih desa yang menjadi lokus penanganan stunting," kata Heru sebagaimana dalam rilis, kepada Tribunbanyumas.com.

Ia mengungkapkan tahun ini Gemarikan didukung oleh Pemkab Purbalingga dan juga Pemprov Jateng. 

Desa yang menjadi sasaran diantaranya Desa Karangasem, Desa Condong dan Desa Panusupan. 

Disamping kampanye juga dilaksanakan pemberian sejumlah bantuan diantaranya paket berisi beras (3 Kg) dan ikan lele (1 Kg) serta paket aneka produk olahan ikan.

"Di Desa Condong ini kita bantu 300 paket Beras-Lele untuk masyarakat kurang mampu dan bantuan 90 paket untuk ibu hamil dan menyusui berupa produk olahan pangan ikan yang dibuat oleh pelaku industri pengolahan ikan dari Purbalingga," jelasnya. 

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi dalam kampanye Gemarikan, menekankan agar konsumsi ikan untuk ditingkatkan. 

Sebab ikan banyak terdapat manfaat vitamin, protein dan juga omega 3. 

Disamping itu dari segi harga, ikan lebih terjangkau dibanding sumber protein hewani yang lain.

"Omega 3 memiliki manfaat untuk mencerdaskan otak anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. 

Maka bagi orang tua yang ingin anaknya cerdas maka harus membiasakan makan ikan," katanya. 

Agar ikan semakin digemari, khususnya anak-anak, Bupati juga menghimbau agar ibu-ibu rumah tangga bisa membuat olahan ikan yang lebih bervariasi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved