Berita Banyumas

Gerai Vaksin Ramadhan di Alun-alun Banyumas, Masyarakat Berdatangan Sembari Ngabuburit

Gerai Vaksin Ramadhan sudah mulai berlangsung di beberapa titik di Kabupaten Banyumas.

Penulis: Imah Masitoh | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Imah Masitoh
Masyarakat sedang antre untuk melakukan vaksinasi di Gerai Vaksin Ramadhan di Alun-alun Banyumas, Rabu (6/4/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS – Gerai Vaksin Ramadhan sudah mulai berlangsung di beberapa titik di Kabupaten Banyumas, salah satunya Gerai Vaksin Ramadhan sudah didirikan di utara Alun-alun Banyumas atau tepatnya di halaman SDN 2 Sudagaran, Kecamatan Banyumas sejak Selasa (5/4/2022).

Rabu (6/4/2022) Camat Banyumas Oka Yudhistira Pranayudha memantau langsung kegiatan vaksinasi di sekitar area Alun-alun Banyumas. 

Menurutnya ini menjadi hal yang baik memanfaatkan momentum Ramadhan di mana masyarakat banyak yang datang di Alun-alun Banyumas untuk menunggu buka puasa.

“Antusias masyarakat cukup tinggi bisa dilihat hari ini jumlahnya lebih banyak dari hari kemarin. Kemarin hanya 19 orang sekarang bisa sampai 50 orang bila sampai malam nanti,” ungkapnya kepada Tribunjateng.com di Gerai Vaksin Ramadhan Alun-alun Banyumas.

Masyarakat yang melakukan vaksin merupakan inisiatif pribadi dan kebanyakan masyarakat yang hadir akan melakukan vaksin dosis ke-3 atau booster dengan membawa persyaratan fotocopy KTP dan kartu vaksin sebelumnya.

Informasi Gerai Vaksin Ramadhan dibagikan melalui media sosial, seperti grup WhatsApp dari semua pihak yang bersangkutan sehingga dapat diketahui masyarakat untuk dapat datang mengikuti vaksinasi ini.

“Ini vaksin ke-3 dapat info ada yang share di HP sama dari mulut ke mulut. Kemarin vaksin 1 dan 2 tidak ada efek samping yang dirasa,” ucap Eko warga Kecamatan Banyumas.

Gerai Vaksin Ramadhan akan ada sampai tanggal 27 April mendatang buka setiap hari Senin sampai Sabtu dari pukul 15.00-19.00 WIB di Alun-alun Banyumas dengan mematuhi protokol kesehatan. 

Akan ada 3 puskesmas yang bertugas dalam kegiatan ini yakni Puskesmas Kalibagor, Banyumas, dan Somagede secara bergantian setiap harinya.

“Kita terjadwal hari ke-2 sejauh ini masih lancar. Hari ini tersedia vaksin jenis AstraZeneca, Novavax, dan Sinovac. Semua jenis vaksin pengaruh ke orang berbeda-beda tergantung respon tubuh masing-masing penerima vaksin,” terang Alya Nur Heriana selaku dokter yang bertugas hari itu.

Gerai Vaksin Ramadhan ini sangat efektif dan efisien untuk melayani masyarakat yang akan melakukan vaksinasi. 

Meskipun dilakukan pada bulan Ramadhan dimana orang Muslim sedang melakukan puasa, namun menurut fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 Saat Berpuasa, hukumnya boleh selama tidak menyebabkan bahaya.

“Menurut sosialisasi MUI ini tidak membatalkan puasa. Ini sangat membantu masyarakat karena di Gerai Vaksin Ramadhan ini waktunya lama dan tempatnya tetap,” ucap Oka Yudhistira Pranayudha Camat Banyumas.

Masyarakat yang datang di Gerai Vaksin Ramadhan Alun-alun Banyumas dapat sembari ngabuburit atau membeli makanan untuk berbuka, banyak pedagang yang berjualan berbagai macam makanan dan minuman di area Alun-alun Banyumas. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved