Breaking News:

Guru Berkarya

Asyiknya Belajar Musik Ansambel dengan Metode Tutor Sebaya

Tujuan khusus Seni Budaya yaitu menumbuhkembangkan sikap toleransi, menciptakan demokrasi yang beradab.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Munirah SPd, Guru SMPN 1 Kalikajar Kab Wonosobo 

Oleh: Munirah SPd, Guru SMPN 1 Kalikajar Kab Wonosobo

SEBAGIAN besar siswa mengatakan senang dengan pelajaran Seni Budaya. Berbagai alasan yang ada di benak mereka, karena dapat menyalurkan minat dan bakat siswa, pelajaran yang tidak memerlukan berpikir tingkat tinggi. Tujuan khusus Seni Budaya, yaitu menumbuhkembangkan sikap toleransi, menciptakan demokrasi yang beradab, menumbuhkan hidup rukun dalam  masyarakat majemuk, mengembangkan kepekaan rasa dan keterampilan, menerapkan teknologi dalam berkreasi, menumbuhkan rasa cinta budaya dan menghargai warisan budaya Indonesia, serta membuat pergelaran dan  pameran karya seni (Kemendikbud, 2014:2).

 Seni Budaya meliputi pembelajaran seni musik, seni rupa, seni tari, dan seni teater. Materi yang diajarkan pada pembelajaran seni musik tingkat SMP adalah pengetahuan tentang musik tradisional, musik nusantara, dan musik mancanegara. Salah satu materi pembelajaran untuk kelas IX terdapat pada KD. 4.4 yaitu memainkan musik ansambel sejenis dan campuran.

 Syafiq dalam Afrizal (2015:26)  mengatakan bahwa  ansambel adalah kelompok kegiatan seni musik yang dilakukan lebih dari satu orang dan tampil sebagai hasil kerjasama di bawah pimpinan seorang pelatih. Musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu serta memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana.

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari pembelajaran ansambel di sekolah, antara lain siswa lebih paham terhadap aransemen musik, siswa mengenal karakteristik suara berbagai instrumen musik, dan siswa bisa mengaplikasikan bermain alat musik secara bersama. Dengan ansambel secara tidak langsung membentuk karakter siswa, seperti tanggung jawab, kekompakan, disiplin, dan kerja sama.

Selama ini hasil pembelajaran musik ansambel masih belum sesuai dengan harapan. Agar pemahaman dan keterampilan siswa dalam permainan musik ansambel bisa maksimal, maka penulis menerapkan pembelajaran ansambel dengan menggunakan metode tutor sebaya di kelas IX SMP Negeri 1 Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Metode tutor sebaya adalah kegiatan belajar mengajar di kelas yang memberi kesempatan pada siswa untuk mengajarkan dan berbagi ilmu pengetahuan atau keterampilan pada siswa yang lain untuk membantu temannya yang mengalami kesulitan dalam belajar agar temannya tersebut bisa memahami materi dengan baik

Banyak sekali  keuntungan yang dapat diperoleh dengan penerapan tutor sebaya  Dengan umur sebaya antara tutor dengan yang lain maka penerimaan pembelajaran akan lebih mudah dipahami. Karena tutor sebaya akan menggunakan bahasa yang dapat dimengerti dan mudah dipahami antarsiswa. Siswa yang belum paham pun akan lebih berani dan tidak malu atau ragu-ragu untuk bertanya atau memberi tanggapan. Selain itu, siswa yang ditunjuk sebagai tutor akan merasa senang karena dapat menularkan kemampuannya. Tentu saja hal ini  merupakan kebanggaan tersendiri bagi yang bersangkutan.

Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pada tahap pertencanaan guru membentuk kelompok (setiap kelompok beranggotakan delapan siswa dengan tiga jenis alat musik) dan   menunjuk siswa yang dijadikan sebagai tentor. Tentor bertanggung jawab terhadap keberhasilan kelompoknya. Selama pembelajaran  tentor membimbing anggota kelompok dengan arahan guru. Sedangkan pada tahap akhir guru melakukan  penilaian dan refleksi.

Pembelajaraan musik ansambel dengan tutor sebaya ternyata lebih bermakna bagi siswa. Selama pembelajaran siswa cenderung lebih aktif terlibat dalam pembelajaran dan suasana lebih menyenangkan. Jika siswa mengikuti pembelajaran dengan hati senang maka hasil pembelajaran akan lebih maksimal. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved