Berita Semarang

BPJS Ketenagakerjaan Jadikan Mitra Grab sebagai Ambasador

BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda sosialisasi pentingnya jaminan soal ketenagakerjaan.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Idayatul Rohmah
BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Semarang Pemuda Multanti melakukan sosialisasi sekaligus menyerahkan santunan secara simbolis kepada Kurniati Dwi Lestari, istri pengemudi Grab yang meninggal dunia. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Semarang Pemuda melakukan sosialisasi pentingnya jaminan soal ketenagakerjaan. Kali ini, BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi kepada mitra Grab.

"Kami kembalikan ke tugas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara, yaitu menyosialisasikan program.

Di antaranya kepada pekerja sektor tra

BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Semarang Pemuda Multanti melakukan sosialisasi sekaligus menyerahkan santunan secara simbolis kepada Kurniati Dwi Lestari, istri pengemudi Grab yang meninggal dunia.
BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Semarang Pemuda Multanti melakukan sosialisasi sekaligus menyerahkan santunan secara simbolis kepada Kurniati Dwi Lestari, istri pengemudi Grab yang meninggal dunia. (Tribun Jateng/Idayatul Rohmah)

nsportasi, khususnya mitra ojek online," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda Multanti di sela acara sosialisasi, Rabu (13/4/2022).

Sapaan akrab Tanti itu menegaskan, pengemudi ojek online merupakan pekerja bukan penerima upah (PBU) yang juga perlu mendapat jaminan sosial ketenagakerjaan.

Sehingga, para pengemudi ojek online tidak perlu khawatir jika tidak mendapat perlindungan.

Menurutnya, mereka bisa mendaftar sebagai peserta bukan penerima upah (BPU) dengan iuran sebesar Rp16.800, sehingga saat terjadi risiko bisa mendapat perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Tentunya di dalalm sosialisasi bukan hanya kepada pemberi kerja, tetapi juga ternyata masih banyak yang perlu kita lindungi adalah rata-rata masih di pekerja bukan penerima upah.

Harapan kami dengan beberapa kegiatan sosialisasi ini semakin memperluas perlindungan sosial terutama bagi para Ojol," tutur Tanti.

Pada kesempatan itu, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda menghadirkan para ketua komunitas atau koordinator Grab.

Mereka dipercaya menjadi ambasador untuk meneruskan sosialisasi kepada para pekerja ojol lainnya.

"Kebetulan yang dihadirkan di sini adalah para ketua komunitas yang tentunya mereka mempunyai anggota banyak di berbagai daerah. Ketika mereka menjadi peserta bisa menyampaikan kepada para anggotanya," terangnya.

Dengan dukungan ini, disebutkan, ada kemudahan bagi peserta melakukan pembayaran melalui aplikasi Grab.

"Jadi kebetulan ada promo bayar satu bulan untuk perlindungan dua bulan. Artinya, benefit yang disinergikan antara program dengan managemen Grab. Ambasador ini harapan kami, ketua komunitas bisa mengajak seluruh anggotanya untuk mendapat jaminan sosial ketenagakerjaan," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved