Berita Nasional

Pertamina Siapkan SPBU Modular hingga Motoris di Jalur Mudik Tol Trans Jawa

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) menyiagakan fasilitas penyaluran bahan bakar minyak (BBM) khususnya yang berada di Tol Tran

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: m nur huda
TribunJateng.com/Raka F Pujangga
Petugas SPBU tengah mengisi bahan bakar ke pengendara mobil. 

 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) menyiagakan fasilitas penyaluran bahan bakar minyak (BBM) khususnya yang berada di Tol Trans Jawa di wilayah Jawa Bagian Tengah, menjelang arus mudik Lebaran 2022 yang diprediksi berlangsung pada 27 April-1 Mei 2022.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional JBT, Dwi Puja Ariestya mengatakan, persiapan itu di antaranya untuk layanan SPBU di jalur Tol Trans Jawa.

“Ada tujuh lokasi SPBU reguler yang tersedia di Tol Trans Jawa antara KM 252 hingga KM 519, terdiri dari tiga SPBU di Ruas Tol A (Jakarta menuju Surabaya), yaitu di KM 379, KM 429, dan KM 519, serta empat SPBU di Ruas Tol B (Surabaya menuju Jakarta), yaitu di KM 519, KM 389, KM 360, dan KM 260,” katanya, dalam keterangan pers, Minggu (17/3).

Menurut dia,Pertamina juga menyiapkan layanan pengisian tambahan di beberapa titik rest area yang lain. Untuk beberapa titik rest area yang tidak ada SPBU, pihaknya juga menyiapkan layanan pengisian tambahan berupa delapan unit Pertashop dan satu unit SPBU modular.

"Lima di antaranya di Ruas Tol A, yaitu di KM 252, KM 275, KM 338, KM 456, dan KM 519. Sementara empat titik lainnya di Ruas Tol B, tepatnya di KM 519, KM 456, KM 294, dan KM 282,” terangnya.

Puja menuturkan, SPBU yang berada di jalur strategis disiagakan 24 jam dengan stok penuh untuk mengantisipasi kebutuhan pengisian BBM. Pertamina juga menyiagakan motoris Pertamina jika suatu waktu dibutuhkan untuk melayani pengisian BBM di dalam tol dan jalur padat apabila terjadi antrean.

“Apabila dibutuhkan, motoris Pertamina yang sehari-hari bertugas dalam layanan Pertamina Delivery Service (PDS) juga akan kami kerahkan untuk memecah antrean pada saat pengisian BBM di setiap SPBU Tol Trans Jawa, atau jalur lain yang mengalami kepadatan,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi apabila terdapat konsumen yang mengalami kehabisan BBM di tengah jalan tol, Puja menyatakan, Pertamina menyiapkan Mobil Siaga yang membawa BBM kemasan.

Ia menyebut, ada tiga mobil siaga yang disiapkan di tiga titik, yakni di pintu keluar tol Tegal, pintu keluar tol Kaliwungu, dan pintu keluar tol Ngemplak, Gondangrejo. Konsumen hanya tinggal menghubungi Pertamina Call Center di nomor 135.

Adapun, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional JBT, Brasto Galih Nugroho mengungkapkan, selain layanan pengisian BBM, Pertamina juga menyiapkan stok tambahan dalam mobil tangki yang terisi penuh, dan ditempatkan di beberapa titik SPBU yang berpotensi adanya lonjakan kebutuhan.

Mobil tangki tersebut disebut dengan istilah SPBU Kantong. Ia menyebut, sebanyak 57 mobil tangki disiapkan di 57 SPBU, baik di Tol Trans Jawa maupun di luar Tol Trans Jawa, utamanya di lokasi-lokasi yang ramai konsumen, baik itu di Jateng maupun DIY.

“Kami berkomitmen melayani kebutuhan energi, agar masyarakat dapat menikmati Ramadan dan Idulfitri dengan tenang. Satuan Tugas (Satgas) BBM dan LPG Ramadan dan Idulfitri juga sudah kami aktifkan sejak 11 April 2022, dan direncanakan akan berakhir pada 10 Mei 2022,” terang Brasto. (idy)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved