Berita Kabupaten Tegal

Titik Rawan Kecelakaan di Jalur Tol Masuk Wilayah Kab.Tegal, Juga di Pantura, Guci dan Jalur Selatan

Sedangkan untuk di jalur B atau arah Semarang-Jakarta, rest area tipe B ada di KM 294

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Jalur tol masuk wilayah Kabupaten Tegal 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sudah menjadi tradisi atau kebiasaan untuk sebagian masyarakat Indonesia ketika momen mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi entah mobil maupun sepeda motor.

Pada kesempatan kali ini, Tribunjateng.com mencoba merangkum beberapa lokasi atau titik rawan kecelakaan lalu lintas terutama di area jalur tol masuk wilayah Kabupaten Tegal.

Namun sesuai informasi yang disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Tegal, AKP Dwi Himawan Chandra, terkait kasus kecelakaan yang terjadi di area jalan tol jauh lebih lengang dibandingkan jalur pantura, jalur menuju wisata Guci, dan jalur underpass Prupuk Margasari.

"Kecelakaan di jalan tol bisa dikatakan cenderung lebih kecil jika dibandingkan jalur lainnya. Sedangkan jalur tol yang masuk area Kabupaten Tegal yaitu mulai KM 270 - KM 300 dengan empat rest area, sehingga jika pemudik atau peserta jalan merasa lelah bisa beristirahat sejenak di empat rest area tersebut," ungkap Kasat Lantas, AKP Himawan, pada Tribunjateng.com, Senin (18/4/2022).

Kasat Lantas Polres Tegal, AKP Dwi Himawan Chandra, saat ditemui Tribunjateng.com di ruang kerjanya, Rabu (9/3/2022).
Kasat Lantas Polres Tegal, AKP Dwi Himawan Chandra, saat ditemui Tribunjateng.com di ruang kerjanya, Rabu (9/3/2022). (Tribun Jateng/Desta Leila Kartika)

Sementara untuk rest area sendiri ada empat titik, yaitu di jalur A arah Jakarta-Semarang di KM 275 rest area tipe B, kemudian di jalur A ada di KM 287 dengan rest area tipe A.

Sedangkan untuk di jalur B atau arah Semarang-Jakarta, rest area tipe B ada di KM 294. Adapun satu rest area lagi ada di KM 282 jalur B dengan rest area tipe A.

"Kecelakaan lalu lintas di jalur tol terutama yang masuk wilayah Kabupaten Tegal relatif rendah jika dibandingkan jalur lainnya. Sehingga jika ditanya dimana saja titik rawan kecelakaan, ya patut diwaspadai semua mulai KM 270-KM 300," ujarnya.

Area rawan kecelakaan di Kabupaten Tegal:

Pada kesempatan ini, AKP Himawan juga menjelaskan titik mana saja yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas atau area black spot di Kabupaten Tegal

Pertama, ada di wilayah jalur pantura.

Kenapa rawan terjadi kecelakaan karena jalan yang kurang baik, di beberapa titik penerangan jalan sangat minim, belum lagi titik pertemuan simpul arus lalu lintas dari jalur kecil yang langsung memotong ke pantura, sehingga menjadikan pantura sebagai lokasi rawan kecelakaan.

Kedua, jalur menuju objek wisata Guci.

Foto tampilan kondisi saat ini jalan di tanjakan Clirit, Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal arah menuju DTW Guci.
Foto tampilan kondisi saat ini jalan di tanjakan Clirit, Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal arah menuju DTW Guci. (Humas Pemkab Tegal)

Jalur arah Guci menjadi salah satu yang rawan kecelakaan karena melihat medan jalan merupakan area pegunungan, belum lagi di beberapa titik jalan sudah mulai rusak, berlubang, belum lagi di tanjakan Clirit yang licin saat hujan.

Namun belakangan ini, untuk di jalur arah Guci memang sudah dilakukan perbaikan jalan termasuk di tanjakan Clirit. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved