Kementrian PUPR Dirikan Pos Pelayanan Mudik 2022 Khusus Kerusakan Jalan di Cilacap

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka Pos Pelayanan mudik Lebaran 2022 di Majenang, Cilacap.

Tribun Jateng/ Pingky Setiyo Anggraeni
Proses perbaikan jalan di Jalur Lintas Selatan (JLS) mulai dari Genteng hingga Bantarpanjang Cimanggu.(12/2/2022). Perbaikan jalan ini dilakukan Bina Marga agar pemudik mudah melalui jalur ini. 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka Pos Pelayanan mudik Lebaran 2022 di Majenang, Cilacap.

Didirikannya pos pelayanan tersebut tak lain untuk mengantisipasi gangguan lalu lintas akibat kerusakan jalan dan juga infrastruktur lainnya.

Posko pelayanan mudik PUPR diketahui sudah rutin didirikan setiap tahunnya.

Bahkan selain momen mudik lebaran, saat momen hari raya keagamaan lainnya juga didirikan pos pelayanan ini.

"Memang rutin dari dahulu, selain lebaran kita hari natal dan hari besar lain juga mendirikan posko pelayanan bagi pengguna jalan," jelas Pujiono, Koordinator Lapangan Perbatasan Wangon-Batas Jabar. Sabtu (30/4/2022) sore.

PUPR juga sudah menyediakan alat-alat berat di Posko PUPR seperti mobil derek apabila nantinya dibutuhkan pengguna jalan.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyiagakan petugas sapu lobang ketika ada kerusakan jalan di sepanjang jalan dari Wangon sampai perbatasan Jawa Barat.

"Kami sudah siagakan tim sapu lobang yang bergerak cepat untuk mengatasi kerusakan jalan, tim sapu lobang ini selalu disiagakan," kata Pujiono.

Ia juga memastikan ketika ada lobang berbahaya di jalan, petugas tim sapu lobang akan langsung turun untuk lakukan perbaikan.

Untuk estimasi perbaikan jalan, Pujiono mengklaim bahwa pihaknya akan menyelesaikannya dalam waktu kurang dari 12 jam.

Untuk kondisi jalan di sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS) dari Wangon hingga batas Jabar, ia memastikan dalam keadaan jalan bagus dan layak dilintasi untuk mudik 2022 ini.

Belum ada lubang-lubang berbahaya di sepanjang jalan tersebut.

"Sejauh ini kondisi jalan masih bagus, aman untuk dilalui baik untuk mudik maupun arus balik nanti," jelas Pujiono.

Sebelumnya PUPR juga sudah melakukan perbaikan jalan di jalur selatan ini yaitu mulai dari kilometer 65 hingga kilometer 68.500 yaitu dari Genteng hingga Bantarpanjang Cimanggu.

Selain perbaikan jalan, pihak Bina Marga juga melakukan penambalan-penambalan jalan berlubang.

Pujiono berharap selama mudik 2022 ini cuaca di wilayah Wangon hingga batas Jabar dapat bersahabat.

Lantaran ketika hujan turun, jalan tersebut akan mengalami kerusakan.

"Mudah-mudahan sampai nanti selesai mudik 2022 cuaca bersahabat, agar tidak ada kerusakan jalan, karena ketika gerimis datang sering menimbulkan lubang dan tentunya membahayakan pengguna jalan," harapnya. (pnk)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved