Berita Karanganyar

Bromo Culture Festival Karanganyar, Ada Baazar Kuliner UMKM dan Bisa Naik Jeep Keliling Hutan

Pihak UNS Solo menggelar Bromo Culture Festival di Alas Bromo Kelurahan Gedong, Karanganyar.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Pementasan reog menjadi pembuka Bromo Culture Festival di Alas Bromo Kelurahan Delingan Kecamatan/Kabupaten Karanganyar, Rabu (4/5/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pihak Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar Bromo Culture Festival di Alas Bromo Kelurahan Gedong, Kecamatan/Kabupaten Karanganyar mulai Rabu-Sabtu (4-7/5/2022) pukul 09.00 hingga 16.00.

Dalam acara tersebut terdapat puluhan bazar produk kuliner dan UMKM. Selain itu pengunjung juga dapat melihat pementasan reog serta merasakan sensasi berkeliling hutan dengan menaiki jeep.

Pengunjung cukup menyewa jeep yang telah disediakan pengelola. Biaya sewa sebesar Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu tergantung rute. 

Di dekat kawasan bazar juga terdapat lokasi outbound yang dapat dijajal oleh pengunjung.

Adapun pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang dalam acara Bromo Culture Festival tersebut. 

Pihak UNS Solo telah mendapatkan kewenangan dari Kementerian KLHK untuk mengelola Alas Bromo yang merupakan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDT).

Selain dalam rangka pengembangan pendidikan serta pelatihan mahasiswa, pihak UNS Solo juga berupaya untuk mengembangkan wisata alam di Alas Bromo dengan menggelar Bromo Culture Festival. 

Kepala UPT Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan UNS, Dwi Priyo Ariyanto menyampaikan, agenda syawalan ini baru pertama kali digelar di Alas Bromo.

Pihaknya berencana untuk menjadikan kegiatan ini sebagai agenda tahunan. 

Dia berharap dengan kegiatan ini dapat mengangkat wisata alam di Alas Bromo yang ramai dikunjungi orang pada 1990-an. 

"Harapannya, kita ingin melestarikan lagi suasana wisata alam di Alas Bromo. Sering kali disampaikan tahun 90-an tempat ini sudah ramai," katanya kepada Tribunjateng.com, Kamis (5/5/2022). 

Asisten II Bidang Perekonomian Kesejahteraan Rakyat Setda Karanganyar, Titis Sri Jawoto mewakili Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, acara ini dapat menjadi alternatif bagi wisatawan untuk berlibur saat momen lebaran tahun ini. 

"Ini menjadi alternatif (wisata) untuk mengurangi kepadatan Tawangmangu dan Ngargoyoso saat libur lebaran tahun ini," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved