Berita Blora

Pasca Lebaran, Dinkes Blora Imbau Warga Tetap Patuhi Prokes

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pasca Lebaran 2022 atau Idulfitri 1443 Hijriah.

Penulis: ahmad mustakim | Editor: m nur huda
TRIBUN JATENG/AHMAD MUSTAKIM
Kepala Dinkes Kabupaten Blora, Edi Widayat. 

 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pasca Lebaran 2022 atau Idulfitri 1443 Hijriah.

Dari pantauan tribunmuria.com di beberapa wilayah, mobilitas warga cukup mengalami peningkatan hingga pasca Idulfitri 1443 Hijriah.

Sejumlah kegiatan tampak mulai digelar seperti silaturahmi, sungkeman, temu kangen dan reuni.

Beberapa panitia kelompok/komunitas disinyalir juga sudah mengagendakan dan memboking tempat untuk mengadakan acara temu kangen di Lebaran 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edi Widayat mengimbau kepada pengelola wisata untuk tetap memperhatikan dan mengingatkan pengunjung.

"Kami hanya bisa mengimbau, patuhi Prokes, jangan abai. Antisipasi bersama, agar tidak memunculkan klaster baru pasca Lebaran 2022," ucapnya saat dikonfirmasi, Sabtu (7/5/2022).

"Sekali lagi kami mengimbau kepada masyarakat, Tolong  diperhatikan protokol kesehatan," tegasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Blora telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Ekuinda (Ekonomi, Keuangan, Industri dan Perdagangan) dalam rangka kesiapan menghadapi Idulfitri 1443 H atau Lebaran 2022 M dan percepatan percepatan, Selasa (19/4/2022) di Ruang Pertemuan Setda Blora.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Blora, Edi Widayat mengungkapkan pada tanggal 19 April – 5 Mei 2022 Kabupaten Blora berada pada PPKM tingkat 1.

Dijelaskannya, Rumah Sakit dan Puskesmas yang ada di Blora telah disiapkan, termasuk juga layanan darurat 119.

Berdasarkan data per (18/4/2022) tersedia sebanyak 298 tempat tidur kosong untuk isolasi COVID-19.

“Menjelang Idulfitri pelayanan kami 24 jam, di 6 Rumah Sakit maupun di 26 Puskesmas yang ada, kami juga menyediakan layanan kesehatan 24 jam, menjamin ketersediaan tempat tidur, ketersediaan obat, dan alat kesehatan yang ada di rumah sakit,” jelasnya.

juga menyediakan ambulan 119 yang online 24 jam di Dinas Kesehatan yang sudah terhubung dengan Satlantas Blora.

Kadinkes juga memaparkan capaian vaksinasi hingga dosis ke 3 di Blora perlu untuk terus meningkatkan agar semakin meningkat.

"Dengan divaksin hingga dosis ketiga, maka para pelaku perjalanan dalam negeri akan lebih leluasa, meski demikian tetap patuh pada prokes," terangnya.

“Kebijakan mobilitas perjalanan dalam negeri sesuai Surat Edaran Satgas No 16 Tahun 2022, kalau vaksin sudah dosis tiga tidak perlu untuk dilakukan pengujian,” imbuhnya.

Dikatakannya, Dinkes menyediakan Pos Pemeriksaan Kesehatan dengan Pospam Polres Blora.

Menurutnya, ada 5 posko itu melayani pemeriksaan kesehatan, khususnya untuk pemeriksaan kesehatan pemudik, ada pelayanan obat-obatan, ambulan, dan rujukan darurat darurat. (kim)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved