Berita Tegal

Jelang HUT ke-421, Pimpinan Daerah Ziarah ke Makam Leluhur Pendiri Tlatah Tegal

Jelang perayaan Hari Jadi ke-421 Kab Tegal, Bupati Tegal ziarah ke makam leluhur.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: sujarwo
Dok. Humas Pemkab Tegal
Bupati Tegal Umi Azizah ziarah ke makam para leluhur, tokoh sejarah pendiri tlatah Tegal, Kamis (12/5/2022). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian HUT ke-421 Kabupaten Tegal yang akan diperingati pada 18 Mei mendatang. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Menjelang puncak perayaan Hari Jadi ke-421 Kabupaten Tegal tanggal 18 Mei 2022 mendatang, serangkaian prosesi peringatan digelar Pemkab Tegal.

Salah satunya adalah ziarah ke makam para leluhur, tokoh sejarah pendiri tlatah Tegal, Kamis (12/5/2022). 

Tempat pertama yang menjadi t

Bupati Tegal Umi Azizah ziarah ke makam para leluhur, tokoh sejarah pendiri tlatah Tegal, Kamis (12/5/2022). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian HUT ke-421 Kabupaten Tegal yang akan diperingati pada 18 Mei mendatang.
Bupati Tegal Umi Azizah ziarah ke makam para leluhur, tokoh sejarah pendiri tlatah Tegal, Kamis (12/5/2022). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian HUT ke-421 Kabupaten Tegal yang akan diperingati pada 18 Mei mendatang. (Dok. Humas Pemkab Tegal)

ujuan ziarah Bupati Tegal Umi Azizah, bersama anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tegal ini adalah Makam Ki Gede Sebayu di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang.

Menurut Umi, ziarah merupakan bentuk penghormatan kepada para leluhur atas jasa, amal baik, dan keilmuan yang telah diwariskan. 

“Tradisi ziarah ini merupakan warisan budaya baik yang harus dirawat, dijaga dan dilestarikan. Tujuannya selain mengingatkan kematian kepada kita yang masih hidup, juga supaya tidak lupa akan silsilah dan jasa para leluhur sehingga Tegal bisa berkembang sejauh ini,” jelas Umi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Kamis (12/5/2022). 

Umi berharap, peringatan Hari Jadi ke-421 Kabupaten Tegal ini dapat menjadi momentum untuk membuka lembaran hidup baru pasca pandemi Covid-19 dengan menerapkan cara-cara kerja baru yang lebih efektif dan efisien. 

Salah satunya memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi, termasuk pola hidup baru yang lebih sehat dan produktif. 

Sehingga dari sini akan tumbuh harapan baru yang akan menjadi energi atau kekuatan terbesar bangsa ini untuk bangkit dari tekanan ekonomi.

Semangat tersebut menurut Umi, merupakan terjemahan dari tema besar Hari Jadi ke-421 Kabupaten Tegal, yakni "Kehidupan baru dan harapan baru." 

“Semangat untuk memulai hidup baru dengan cara-cara yang baru dan meraih harapan baru, harus kita gelorakan untuk menangkap momentum dan peluang di masa pasca pandemi. Inilah saatnya kita untuk bangkit, memulihkan kondisi sosial dan ekonomi yang sempat tertekan saat pandemi, disamping terus memupuk dan memperkuat kesetiakawanan sosial,” paparnya. 

Usai dari Makam Ki Gede Sebayu, ziarah dilanjutkan ke Makam Ki Ageng Anggawana, dan Pangeran Purbaya di Desa Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru, kemudian berakhir di Makam Amangkurat Agung di Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna. 

Tampak sejumlah anggota Forkopimda Kabupaten Tegal ikut serta dalam ziarah ini, antara lain Ketua Pengadilan Agama Slawi Abdul Basyir, Komandan Satrad 214 Tegal Letkol Lek I Ketut Wiratmaja, perwakilan Kodim 0712/Tegal, Polres Tegal, dan Kejaksaan Negeri Slawi.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono, berharap diusia ke-421 ini Kabupaten Tegal semakin maju dan banyak perubahan yang positif. 

Joko pun menambahkan, rangkaian acara hari jadi ini meliputi ziarah ke makam para leluhur, penyerahan pataka, hingga kirab pataka dan sidang paripurna. 

"Saya berharap Kabupaten Tegal semakin maju, semakin banyak perubahan yang positif, dan masyarakat nya juga semakin sejahtera," imbuh Joko. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved