SEA Games 2021

Ririn-Riska, Atlet Pencak Silat Seni Ganda Putri Sumbang Emas SEA Games di Vietnam

Emas dan perak diraih lewat dua cabang olahraga (cabor) pencak silat dan rowing atau dayung. Medali perunggu didapat melalui aksi

Editor: m nur huda
NOC Indonesia/Naif Al’As
Riska Hermawan (kiri) bersama Ririn Rinasih memamerkan medali emas SEA Games 2021 yang mereka dapatkan dari nomor seni ganda putri cabang olahraga pencak silat, Rabu (11/5/2021). 

TRIBUNJATENG.COM - Indonesia meraih delapan medali SEA Games 2021 hingga Rabu (11/5/2022) atau sehari sebelum pembukaan resmi multievent terbesar di Asia Tenggara itu.

Perincian delapan medali tersebut adalah tiga emas, empat perak, dan satu perunggu.

Emas dan perak diraih lewat dua cabang olahraga (cabor) pencak silat dan rowing atau dayung. Medali perunggu didapat melalui aksi kickboxer Nadya Nakhoir, yang turun di nomor Women's Full Contact -48 kilogram.

Adapun emas pertama Indonesia dipersembahkan atlet dayung Ardi Isadi dan Kakan Kusmana yang bertanding di nomor Men's Lightweight Double Sculls.

Medali emas lainnya tercatat atas nama Ririn Rinasih dan Riska Hermawan di nomor seni ganda putri cabor pencak silat yang menang atas Nguyen Thi Thu Ha/Nguyen Thi Huyen (Vietnam).

"Alhamdulillah. Kemenangan ini tak disangka. Ini SEA Games saya yang kedua setelah dulu mendapat perunggu. Sejak semalam banyak berdoa," kata Ririn.

Demikian juga Riska kemenangan menggondol medali emas ini membanggakan dan dipersembahkan untuk Indonesia.

Pencak silat mempersembahkan dua medali perak melalui tunggal putri Puspa Arum Sari dan beregu putra Anggi Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani, dan Nunu Nugraha.

Pelatih kepala Timnas Pencak Silat Indonesia, Indro Catur mengaku agak khawatir dengan Ririn/Riska lantaran menghadapi wakil Vietnam. Sementara tunggal putri dan ganda putra peluang meraih emas besar karena menghadapi Filipina dan Thailand.

"Saya tidak bisa bilang berapa persen tapi kami optimis kalau dilihat dari kasat mata lawannya Puspa dari Filipina, terus regu putra juga lawannya dengan Thailand. Peluang sangat besar itu, tapi kalau ganda putri masih 50:50 karena lawan tuan rumah,” kata Indro saat dihubungi Tribunnews sehari sebelum laga final.

Hal sama juga terjadi di cabor dayung, mereka turut menyumbangkan dua perak di nomor Women's Quadruple Sculls dan Women's Coxless Four.

Ferry Kono selaku Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 berharap hasil ini menjadi dorongan bagi tim Merah Putih.

"Alhamdulillah. Pagi ini, atlet-atlet Indonesia dari cabang olahraga rowing dan pencak silat memberikan sumbangan luar biasa. Hari ini total Indonesia mendapatkan 3 medali emas, 4 perak," kata Ferry Kono dalam rilis NOC Indonesia.

Emas Perdana

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved