Kesehatan

Tiga Bumbu Masak Ini Efektif Turunkan Kolesterol dan Gula Darah Tinggi

Menurunkan kolesterol dan gula darah tidak harus dengan konsumsi obat kimia.

Editor: sujarwo
national geographic indonesia
kunyit 

TRIBUNJATENG.COM - Menurunkan kolesterol dan gula darah tidak harus dengan konsumsi obat kimia. Ini bumbu dapur yang efektif menurunkan kolesterol dan gula darah tinggi.  

Kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh harus dikelola agar tetap stabil. Bila kadar kolesterol dan gula darah tinggi bisa memicu berbagai masalah kesehatan serius.


Baca Juga: Makanan yang Baik dan Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes   

Asal tahu saja, gula darah tinggi memicu penyakit diabetes. Sedangkan kadar kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

Mengutip dari Kompas.com, diabetes dan kolesterol saling mempengaruhi. Perlu Anda tahu, diabetes cenderung menurunkan kadar kolesterol baik dan meningkatkan trigliserida serta kolesterol jahat.  

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, mengelola kolesterol dan gula darah bisa dilakukan dengan banyak cara beberapa di antaranya menjalankan gaya hidup sehat serta menjaga pola makan.  

Lainnya, beberapa jenis bumbu masak memiliki khasiat menurunkan kolesterol dan gula darah

Bumbu dapur penurun kolesterol dan gula darah 


Ada banyak jenis bumbu dapur yang kerab digunakan sehari-hari. Namun, tahukah Anda beberapa jenis bumbu dapur bermanfaat menurunkan kolesterol dan gula darah

Ini bumbu dapur yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan gula darah

1. Bawang putih 

Anda pasti sudah tidak asing dengan bumbu masak yang satu ini. Ya, bawang putih memang populer di tanah air dan sejumlah negara lainnya. 

Mengutip dari FOOD NDTV, hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine, bawang putih bisa meningkatkan insulin pada tikus.  Anda pun bisa memasukkan bawang putih dalam menu diet sehari-hari.

Bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Buku berjudul Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit karya Prof H. Hembing W menjelaskan Bawang putih mengandung allicin yang berperan menghambat pembentukan kolesterol. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved