Acara Halal bihalal dan Mangayubagyo Jamaah Calon Haji UMP

Acara halal bihalal momentum Idul Fitri 1443 H berlangsung di Auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Penulis: Imah Masitoh | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Imah Masitoh
Halal bihalal silaturahmi Idul Fitri 1443 H dan Mangayubagyo jamaah calon haji keluarga besar Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jumat (13/5/2022).  

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Acara halal bihalal momentum Idul Fitri 1443 H berlangsung di Auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jumat (13/5/2022). 

Jebul Suroso selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menyampaikan silaturahmi ini menjadi momentum untuk semakin meningkatkan kekeluargaan. 

"Kekeluargaan keluarga besar UMP baik pensiunan, mahasiswa, maupun civitas akademika," ucapnya kepada awak media. 

Adanya silaturahmi ini dengan sinergi positif dan kolaborasi yang bagus akan dapat meningkatkan pembangunan dan kemajuan. 

"Silaturahmi merupakan yang disyariatkan dan kita harus kuatkan," ungkapnya. 

Ia juga menambahkan bahwa silaturahmi diwujudkan dengan kolaborasi saling memaafkan, kerjasama, saling menyayangi yang original dan hakiki tanpa syarat. 

Dengan silaturahmi kuat ia mengharapkan keluarga besar Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) tidak ada sekat.

"Semua merasa menjadi keluarga cita-cita kita untuk memajukan bangsa melalui dunia pendidikan akan tercapai," harapnya. 

Momentum silaturahmi sekaligus menjadi acara Mangayubagyo (penyambutan) jamaah calon haji keluarga besar Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang akan menunaikan ibadah haji mendatang.

Seperti diketahui Arab Saudi sudah membuka kembali penyelenggaraan ibadah haji untuk jamaah dari luar negeri. 

Meski demikian Arab Saudi masih menerapkan pembatasan pelaksanaan ibadah haji bagi jamaah luar negeri dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum usia sepenuhnya. 

Salah satu kebijakan terbarunya ialah jamaah yang dapat melaksanakan ibadah haji yakni berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksin Covid-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi. 

Kebijakan ini tentunya menjadikan tidak semua jamaah haji yang sudah mendaftar dapat berangkat pada tahun ini. 

Abdul Mu'ti selalu Sekretaris umum PP Muhammadiyah menyampaikan harapannya bagi jamaah haji untuk berbesar hati bagi yang belum dapat berangkat pada tahun ini. 

"Masyarakat hendaknya memahami karena ini bukan kebijakan pemerintah Indonesia tapi dari kebijakan Arab Saudi selaku penyelenggara ibadah haji," ucapnya saat ditemui awak media usai mengisi pengajian halal bihalal di UMP. 

Turut disampaikan pula ungkapan Idul Fitri oleh perwakilan calon haji pegawai Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang mendapat kesempatan berangkat ibadah haji pada tahun ini. 

Acara diakhiri dengan bersalam-salaman dengan segenap tamu kehormatan dan peserta yang hadir pada saat itu. (ima)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved