Bupati Semarang Sebut Kunjungan Wisata Menurun Setelah Lebaran

Ngesti bersyukur bahwa sektor pariwisata mulai bangkit kembali setelah mengalami masa terpuruk semenjak adanya pandemi Covid-19, tiga tahun belakangan

Tribun Jateng/ Reza Gustav
Satu di antara destinasi wisata di Kabupaten Semarang, Dusun Semilir, dipadati wisatawan, Minggu (15/5/2022) sore. 


TRIBUNJATENG.COM, KABUPATEN SEMARANG - Sejumlah destinasi wisata yang terletak di sepanjang Jalan Raya Semarang-Bawen, tepatnya di sekitar Tuntang, Bawen dan Bergas, Kabupaten Semarang, terpantau dipadati pengunjung pada Minggu (15/5/2022) hari ini.

Hal itu terlihat dari antrean kendaraan masuk ke sejumlah tempat wisata tersebut, misalnya Dusun Semilir, Kampoeng Kopi Banaran dan Cimory On The Valley.

Suasana padatnya pengunjung di tempat-tempat tersebut mengingatkan pada ramainya kunjungan wisata saat masa libur lebaran 2022 atau Hari Raya Idul Fitri 1443 H beberapa waktu lalu.

Meskipun demikian, jumlah kunjungan hari ini secara umum tak sebanyak pada masa libur hari raya bagi umat Muslim tersebut.

Namun jika dibandingkan dengan saat sebelum Ramadan atau bulan puasa, rata-rata jumlah kunjungan wisatawan mengalami peningkatan.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Semarang, Ngesti Nugraha.

“Jadi perbandingannya, sebelum bulan puasa dengan (libur) lebaran tentunya jauh (meningkat), karena lebaran kan pada mudik ya. Kemudian saat ini sudah balik lagi ke daerah asal masing-masing sehingga menurut saya saat ini sudah agak turun, namun jika dibandingkan dengan bulan puasa, tetap lebih banyak sekarang,” ungkapnya kepada Tribunjateng.com, hari ini.

Menurutnya, jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah yang dipimpinnya mengalami peningkatan juga bersamaan dengan menurunnya kasus Covid-19 saat ini.

“Dengan menurunnya kasus covid yang sekarang tinggal satu kasus aktif, tentunya tempat wisata bisa kembali ramai dikunjungi wisatawan,” imbuhnya.

Ngesti bersyukur bahwa sektor pariwisata mulai bangkit kembali setelah mengalami masa terpuruk semenjak adanya pandemi Covid-19, tiga tahun belakangan.

“Ini sangat luar biasa bisa membangkitkan ekonomi dan membuka banyak lapangan pekerjaan.
Harapan saya virusnya bisa benar-benar sirna dan ekonomi bisa kembali bangkit,” pungkasnya.

Satu di antara contoh, kunjungan wisata ke salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Semarang yang dipadati pengunjung hari ini yaitu Dusun Semilir yang terletak di Jalan Soekarno Hatta 49, Ngemplak, Bawen.

Dusun Semilir merupakan lokasi wisata yang menawarkan berbagai wahana dan spot foto, salah satu favoritnya yakni wahana perosotan raksasa warna-warni yang panjangnya mencapai 120 meter dengan tinggi 40 meter. 

Lahan parkir di sana dipenuhi mobil, motor maupun bus pariwisata.

Berdasarkan penuturan Marketing Communication (Marcomm) Dusun Semilir, Fahmi Marlem, jumlah pengunjung sementara yang datang hingga menjelang sore hari ini sudah mencapai sekitar 9000 orang.

“Namun jika dibandingkan dengan libur lebaran kemarin jauh lebih rendah. Untuk libur lebaran tertinggi sekitar 15 ribu pengunjung,” ungkap Fahmi. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved