Berita Nasional

Menteri Investasi Sebut Tesla Inc bakal Investasi di Batang Jawa Tengah

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengklaim, negosiasi dengan produsen mobil listrik terbesar di dunia asal AS, Tesla Inc, mendatangkan h

Editor: m nur huda
BPMI Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo terlihat sedang berbincang dengan Elon Musk di Gedung Stargate Space X, Boca Chica, Amerika Serikat, pada Sabtu (14/5/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Hasil kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat (AS) disebut-sebut berbuah manis.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengklaim, negosiasi dengan produsen mobil listrik terbesar di dunia asal AS, Tesla Inc, mendatangkan hasil.

Menurut dia, perusahaan milik miliarder Elon Musk itu akan mulai menanamkan modal di Indonesia pada tahun ini.

“Kalau ditanya kapan masuknya, InsyaAllah 2022,” katanya, dalam Road to G20: Investment Forum, Rabu (18/5).

"Kita tahu bahwa Jawa Tengah akan menjadi pusat salah satu kawasan industri terbaik di RI, yaitu di Batang. Tesla akan kami berikan tempat terbaik di Batang. Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar seperti LG, Foxconn, kemudian Tesla pun insyaAllah akan masuk ke sana, termasuk beberapa perusahaan lain," jelasnya.

Tesla disebut tertarik membangun pabrik mobil di Indonesia. Tak hanya itu, Tesla juga akan berinvestasi di ekosistem baterai mobil di Indonesia.

"Tesla insyaAllah akan masuk ke Indonesia. Dia akan masuk pada dua bagian investasi besar, yang pertama itu adalah tentang ekosistem baterai mobil. Yang kedua adalah mobilnya," ujarnya.

Sayangnya, Bahlil belum bisa memberikan detail kapan persisnya Tesla akan masuk ke Indonesia, maupun besaran modal yang akan ditanamkan oleh perusahaan tersebut, lantaran belum terjadi tanda tangan kesepakatan.

“Pasti akan ada banyak pihak yang bertanya kepada saya, berapa besaran investasinya. Berapa nilai investasinya, masih juga dirahasiakan. Tapi barang ini barang bagus, barang gede. Namun, InsyaAllah untuk tesla akan kami umumkan pada waktunya,” ucapnya.

Bahlil menuturkan, Indonesia memberi syarat kepada Tesla untuk investasi ini.

Yakni, Tesla harus menggunakan tenaga kerja sebanyak-banyaknya dari Indonesia.

Hal itu karena satu tujuan penarikan investasi untuk penciptaan lapangan kerja.

Seperti diketahui, pada 14 Mei 2022, Presiden RI Joko Widodo bertemu dengan CEO Tesla Inc, sekaligus pendiri Space X, Elon Musk di Boca Chica, Amerika Serikat (AS). Selama sekitar 1 jam, Jokowi diajak Elon berkeliling melihat fasilitas Space X.

Dari pertemuan tersebut, Kepala Negara mengundang orang terkaya di dunia ini untuk datang ke Indonesia. Ajakan tersebut direspon Elon, dan mengupayakan pada November tahun ini dirinya akan berkunjung ke Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved