Berita Sukoharjo

Regenerasi Petani di Sukoharjo, Bupati Etik Bangga Deklarasi Gerakan Membangun Petani Milenial

Bupati Sukoharjo bersama wakilnya hadiri deklarasi Gerakan Membangun Petani Milenial.

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: sujarwo
Dok. Pemkab Sukoharjo
Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat memberikan sambutan kegiatan deklarasi Gerakan Membangun Petani Milenial (Gerbang Tami) Kabupaten Sukoharjo di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Kamis (19/5/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama Wakil Bupati Agus Santosa hadiri deklarasi Gerakan Membangun Petani Milenial (Gerbang Tami) Kabupaten Sukoharjo di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Kamis (19/5/2022).

Deklarasi tersebut juga dihadiri pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan juga pejabat dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Etik menyampaikan rasa bangga dengan adanya program Gerbang Tami tersebut.

Pasalnya, saat ini banyak petani yang berusia tua dan minim petani muda.

Bupati pertama perempuan di Sukoharjo itu berharap, dengan Gerbang Tami akan terjadi regenerasi petani sehingga pertanian di Kabupaten Sukoharjo semakin maju dan modern.

“Sektor pertanian adalah sektor prioritas dengan jumlah pintu pasar paling banyak di dunia. Kondisi riil saat ini masih terdapat ketimpangan jumlah antara petani muda dengan petani tua. Di Kabupaten Sukoharjo sendiri hanya terdapat sekitar 7,3 persen petani muda dan sisanya adalah petani tua,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, agar percepatan peningkatan peran petani muda di bidang pertanian dapat segera tercapai, maka perlu membangun sinergitas antar petani milenial dalam wadah berupa Jaringan Petani Milenial Kabupaten Sukoharjo.

Melalui jaringan tersebut diharapkan dapat menjadi tempat untuk berkomunikasi, bertukar informasi da menjadi saeana koloborasi antar petani milenial lintas komoditas.

Etik mengapresiasi proyek perubahan yang digagas Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo tentang sinergitas peningkatan SDM petani milenial melalui Gerbang Tami.

“Saya harap melalui proyek perubahan ini dapat menularkan semangat bertani di seluruh wilayah Kabupaten Sukoharjo. Mampu mengimplementasikan keilmuan dan kemampuanna untuk keyayaan pertanian di Sukoharjo," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved