PLN Distribusi Jateng & DIY

Berikan Layanan Listrik Kontinyu, PLN Jogja Lakukan Pekerjaan Tanpa Padam

jaringan listrik memerlukan pemeliharaan dan perbaikan baik secara preventif maupun korektif secara berkala.

Editor: Editor Bisnis
IST
PLN menerjunkan pasukan elit terlatih yang melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor dalam kondisi bertegangan. 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYAKARTA, 20 Mei 2022 – Meningkatnya kebutuhan energi listrik di semua sektor dan kehidupan rumah tangga dengan peralatan modern, sangat  tergantung  terhadap kontinuitas suplai listrik.  Sehingga apapun penyebabnya, terganggunya penyaluran energi listrik akan menimbulkan keluhan konsumen. Bagi PLN sendiri juga merupakan kerugian karena tidak dapat menjual energi listriknya secara maksimal.

Di lain pihak, jaringan listrik memerlukan pemeliharaan dan perbaikan baik secara preventif maupun korektif secara berkala. Pekerjaan tersebut normalnya harus dilaksanakan dengan memadamkan aliran listrik.

Guna memberikan layanan listrik yang tidak terputus kepada pelanggan sekaligus menyelamatkan kWh, PLN menerjunkan pasukan elit terlatih yang melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor dalam kondisi bertegangan atau listrik dalam keadaan menyala yang disebut dengan tim PDKB (Pekerjaan dalam Keadaan Bertegangan).

Seperti yang dilakukan Tim PDKB UP3 Yogyakarta pada Kamis, (19/5) yang melakukan pekerjaan perbaikan ABSW di Wilayah Godean, Sedayu, DIY. ABSW (Air Braker Swich) suatu alat yang digunakan sebagai pemisah aliran listrik tegangan menengah. 

Manager PLN UP3 Yogyakarta, Ahmad Samsuri menyampaikan  bahwa  perbaikan peralatan ini   bertujuan untuk memperkecil daerah padam, mengamankan sistem, lingkungan dan peralatan apabila terjadi gangguan jaringan 20 kV.

“Dengan menggunakan APD lengkap dan bekerja dengan sesuai SOP, tim PDKB kami melakukan pekerjaan pemeliharaan dalam keaadan bertegangan, sehingga listrik tidak padam,” ujar Samsuri.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan konsumen, baik itu masyarakat umum ataupun layanan publik. Selain itu aksi tim PDKB yang bekerja dengan resiko tinggi ini menarik perhatian masyarakat sekitar lokasi pekerjaan, salah satunya adalah Umi, perempuan setengah baya penjual minuman jus buah dan toko kelontong.

“Hari ini saya melihat langsung petugas PLN sedang melakukan perbaikan. Saya tidak rugi karena  listrik tidak padam, sehingga dapat melayani pembeli seperti biasa,” ungkapnya.

Lain halnya dengan, Edi Purwondo, petugas pelayanan publik di PT Pos Kemusuk ini menyampaikan apresiasinya kepada PLN, meskipun PLN sedang melakukan perbaikan jaringan, saat ini di wilayah sekitar jalan Wates Godean dan kantornya tidak padam sehingga tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat. 

“PLN UP3 Yogyakarta memiliki 1 tim PDKB Sentuh Langsung dengan jumlah 8 personil. Selama tahun 2022 sampai dengan bulan April,  TIM PDKB  UP3 Yogyakarta telah melakukan perbaikan sebanyak 221 titik dan total sebanyak 696.2121 kWH jual berhasil diselamatkan."pungkas Samsuri.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved