Berita Kudus

Apresiasi Kudus Festival, Kadin Jadikan Momentum Kebangkitan Ekonomi Kreatif

Kadin Kabupaten Kudus mengapresiasi Kudus Festival 2022 yang digelar di Jakarta.

Penulis: raka f pujangga | Editor: sujarwo
Dok. Kadin Kudus
Bupati Kudus, HM Hartopo bersama ?Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kudus Safrul Kamaludin ? dan jajarannya saat Kudus Festival 2022 yang digelar di Jakarta, pada 21-22 Mei 2022 lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS -  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kudus mengapresiasi Kudus Festival 2022 yang digelar di Jakarta, pada 21-22 Mei 2022 lalu.

Bupati Kudus, HM Hartopo membuka Kudus Festival untuk membangkitkan iklim ekonomi dan bisnis pelaku usaha kecil di Kudus.

Ketua Kadin Kudus, Safrul Kamaludin mengapresiasi festival tersebut yang dapat menjadi  momentum penting bagi pemulihan perekonomian paska pandemi covid-19 utamanya ekonomi kreatif dan pariwisata Kudus.

"‎Kegiatan ini merupakan momentum pulihnya perekonomian dan pariwisata di Kabupaten Kudus," kata pria yang akrab disapa Dino, Selasa (24/5/2022).

Dia juga memaparkan, beberapa peserta yang ikut serta dalam kegiatan itu yakni pojok kreatif, PUSAKAKU, IPEMI,  ecoprint, bandeng presto, dan rumah adat Kudus.

Termasuk berbagai kuliner khas Kudus seperti soto ayam, opor gosong, garang asem dan termasuk pendatang baru masakan serba keong.

"Tidak ketinggalan kopi robusta dari lereng Muria," kata dia.

Kadin bercita-cita membentuk UMKM Kudus bersatu agar mendapat dukungan dari berbagai pihak yang memiliki kepedulian dan keprihatinan yang sama. 

"Semakin banyak pihak yang peduli dan mendukung inisiasi tersebut, tentu kita dapat mencapai cita-cita untuk memiliki UMKM yang kuat dan berdaya saing tinggi sehingga dapat menjadi raja di negeri sendiri," kata dia.

"Dengan izin Tuhan Yang Maha Esa, semoga inisiasi  kita ini segera terwujud, Aamiin," harap Dino. 

Menurutnya, kegiatan festival tersebut mempunyai dampak positif kepada masyarakat.

"Ketika ada yang mengkoordinir, UMKM lebih terarah, lebih jelas output yang ingin dicapai, sehingga para peserta dapat lebih merasakan manfaat utamanya bagaimana mempromosikan atau memperkenalkan produk-produknya kepada masyarakat, utamanya promosi ke mancanegara seperti Malaysia, Arab Saudi dan Turki", tutup Dino.

Diketahui, Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) Kudus bekerja sama dengan Pemkab Kudus menggelar Kudus Festival 2022 di Museum Satria Mandala, Jalan Gatot Subroto Jakarta, Sabtu (21-22/5/2022). 

Ketua FKMK Laksamana Madya (Purn) Eris Herryanto menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengangkat kembali potensi Kudus bidang ekonomi kreatif dan pariwisata. 

Kemudian membuka hubungan pasar khususnya bagi para pengusaha UMKM dan dimantapkan lewat digital marketing dan digital literasi bagi pelaku UMKM. 

Selain itu, menyinergikan dan mengkolaborasikan bidang Ekonomi Kreatif dengan semua pihak.

"Kegiatan Kudus Festival 2022 yang diikuti hampir semua komunitas di Kudus, baik yang bekecimpung di budaya, kuliner dan akan dihadiri warga masyarakat Kudus di Jakarta pada khususnya dan masyarakat dari berbagai daerah yang mengunjungi Museum Satria Mandala," terang Eris. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved