Berita Sragen

Bupati Sragen Ziarahi Makam Pendahulu Jelang HUT ke 276, Kemajuan Sragen Berkat Mereka Juga

Safari ziarah ke makam leluhur tokoh Kabupaten Sragen menjadi kegiatan wajib pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Sragen ke 276

Penulis: khoirul muzaki | Editor: muslimah
Istimewa
Bupati Sragen dan jajaran berziarah di makam tokoh pendahulu Sragen, Selasa (24/5/2022) 

TRIBUNJATENG. COM, SRAGEN -Safari ziarah ke makam leluhur tokoh Kabupaten Sragen menjadi kegiatan wajib pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Sragen ke 276. 

Hari ini, Rabu (25/5/2022), Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan rombongan bertolak ke Yogyakarta untuk berziarah di makam Raja Mataram di Imogiri. 

Sebelumnya, Selasa (24/5/2022), Bupati Yuni  bersama Wakil Bupati, Suroto dan jajaran Forkopimda Sragen menziarahi Taman Makam Pahlawan Hastana Manggala Manding. 

Makam ini tempat bersemayam banyak pahlawan dari Kabupaten  Sragen yang pernah berjuang untuk Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Ziarah berlanjut ke Makam Sukowati Kecamatan Tanon. Makam ini merupakan tempat bersemayamnya Pangeran Sukowati yang namanya diabadikan sebagai julukan lain Kabupaten Sragen, Bumi Sukowati. 

Yuni dan rombongan juga berziarah ke makam Butuh Kecamatan Plupuh, yang diyakini menjadi tempat peristirahatan terakhir Joko Tingkir, tokoh legenda Jawa. 

Makam lain yang diziarahi pimpinan daerah itu adalah Makam Prampalan Kecamatan Masaran tempat Bupati pertama Kabupaten Sragen Soemonagoro dimakamkan.

Yuni dan rombongan juga menziarahi Bupati terdahulu lainnya, yakni Bupati Sragen (Periode 1990-2000) Kol. Art (Purn) H.R. Bawono yang dimakamkan di Pesarean Sekar Keluarga HR Bawono, di Duyungan, Jetak Kecamatan. Sidoharjo. 

Ziarah juga dilakukan di makam Ki Srenggi  di Sragen Lor Kecamatan Sragen, tempat Panglima Perang Sunan Amangkurat dari Kraton Kartasura dikebumikan.

Agenda ziarah lokal terakhir di Makam SI Kecamatan Sragen tempat para Bupati maupun Ketua DPRD Sragen terdahulu dimakamkan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved