Berita Otomotif

Motor Kesayangan Terendam Banjir Rob? Jangan Hidupkan Kelistrikan Agar Tak Fatal

Sebisa mungkin kendaraan tidak dihidupkan usai terendam. Jika kelistrikan kendaraan dinyalakan saat terendam akan menimbulkan kerusakan fatal.

Penulis: budi susanto | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/ Budi Susanto
Mekanik Astra Motor Jateng tengah melakukan perbaikan sepeda motor terdampak banjir rob, di Kecamatan Semarang Utara, Rabu (25/5) lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Perangkat kelistrikan pada sepeda motor menjadi hal vital. Apalagi jika perangkat tersebut terendam air banjir

Pastinya akan berpengaruh pada performa tunggangan. Namun para biker tidak perlu panik saat mengalami kondisi darurat itu.

Sebisa mungkin kendaraan tidak dihidupkan usai terendam. Jika kelistrikan kendaraan dinyalakan saat terendam akan menimbulkan kerusakan fatal.

Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto, juga menuturkan hal itu.

Ia menjelaskan, jika kunci kontak diputar ke arah ON saat kendaraan terendam, kemungkinan besar dapat menyebabkan kerusakan pada Eletronic Control Module/Eletronic Control Unit (ECM/ECU).

"Jadi langkah awal harus tetap tenang dan tidak memutar kunci kontak ke arah ON, serta tidak menyalakan mesin dengan mengengkol stater kaki," katanya, Kamis (26/5/2022).

Dilanjutkanya, air memiliki sifat konduktor yaitu penghantar listrik, yang bisa menyebabkan hubungan arus listrik tidak terkendali. 

"Air juga memiliki sifat melarutkan sehingga cairan pendingin, cairan pelumas mesin, dan transmisi yang terpisah akan berpotensi berubah dan kotor," jelasnya.

Oke mengatakan, terendam air kotor teroksidasi udara menyebabkan korosi atau karat pada material besi hingga alumunium.

"Motor yang terendam air laut akan sangat parah dampak karatnya. Karat inilah yang merusak karena menurunkan kualitas mutu material atau logam," paparnya.

Terkait perawatan setelah motor terendam banjir, Oke menyebutkan tergantung dari seberapa tinggi air merendam kendaraan.

"Hal tersebut menjadi patokan part apa saja dari motor yang perlu diperiksa dan komponen yang terendam itu seluruhnya harus dikeringkan, dibersihkan, diperiksa, diperbaiki hingga diganti jika perlu," imbuhnya.(*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved