Berita Internasional

Taliban Serahkan Pengelolaan 4 Bandara Utama Afghanistan pada UEA

Wakil Perdana Menteri Pertama Taliban, Abdul Ghani Baradar menjelaskan, tujuan kesepakatan tersebut yaitu agar UEA dapat mendorong investasi internasi

Editor: m nur huda
khaama
Kandahar International Airport Afghanistan 

TRIBUNJATENG.COM, KABUL – Empat bandara utama di Afganistan diserahkan pengelolaannya oleh kelompok Taliban pada perusahaan penerbangan Uni Emirat Arab (UEA).

Penyerahan pengelolaan tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan penyerahan pada Selasa (24/5/2022).

Kesepakatan tersebut berhasil dicapai setelah Taliban dan UEA bernegosiasi panjang.

Wakil Perdana Menteri Pertama Taliban, Abdul Ghani Baradar menjelaskan, tujuan kesepakatan tersebut yaitu agar UEA dapat mendorong investasi internasional di Afghanistan.

Pihaknya yakin jika perjanjian antara negaranya dengan Uni Emirat Arab mampu menarik perhatian para investor dan pelaku komunitas bisnis, sehingga mereka mau menjalankan investasi dengan perusahaan yang ada di Afghanistan.

“Ini akan membuka pintu bagi negara lain. Semua negara yang tertarik untuk berinvestasi di Afghanistan, kami dapat menjamin keamanan mereka,” ujar Baradar.

Rencana ini sejalan dengan visi Afghanistan yang ingin menjalin hubungan baik dengan semua negara, khususnya dengan negara – negara yang ada di kawasan Timur Tengah.

Dilansir dari The Washington Post, penyerahan keempat bandara tersebut diberikan kepada pejabat Uni Emirat Arab.

Berdasarkan kesepakatan ini, kontrol dan pengelolaan empat bandara internasional Afghanistan yaitu Kabul, Kandahar, Herat, dan Mazar-e-Sharif, secara resmi akan berpindah tangan kepada perusahaan penerbangan UEA.

Nantinya setelah tingkat perdagangan Afghanistan meningkat, barulah semua bandara maskapai internasional tersebut dikembali ke Afghanistan.

Langkah ini diambil demi menekan laju peningkatan krisis ekonomi yang tengah dihadapi Afghanistan dan para kelompok taliban selama beberapa tahun terakhir.(*)

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Taliban Serahkan Pengelolaan 4 Bandara di Afghanistan Ke Perusahaan Penerbangan UEA

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved