Berita Sragen

Jelang Hari Jadi, Warga Sragen hingga Tingkat RT Serentak Gelar Malam Tirakatan

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sragen yang ke 276 tahun ini beda dengan tahun sebelumnya.  Masyarakat kembali bisa bereuforia merayakan HUT Sragen

Penulis: khoirul muzaki | Editor: Catur waskito Edy
khoirul muzaki
Malam tirakatan di Kroyo, Sragen, Kamis malam (26/5/2022)  

TRIBUNJATENG. COM, SRAGEN - Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sragen yang ke 276 tahun ini beda dengan tahun sebelumnya.  Masyarakat kembali bisa bereuforia merayakan HUT Sragen yang ditunggu tiap tahun. 

Malam menjelang detik-detik Hari Jadi Kabupaten Sragen, (26/5/2022), warga di setiap lingkungan RT di desa maupun kelurahan menggelar malam tirakatan.

Mereka begadang sampai dini hari untuk menunggu pergantian hari ke tanggal 27 Mei sebagai sebagai HUT Sragen

Sudah menjadi tradisi, di malam hari jadi, warga di setiap lingkungan RT menggelar tirakatan. Hanya dalam dua tahun terakhir, even sakral itu ditiadakan karena pandemi Covid 19. 

Acara malam Tirakatan pada HUT kabupaten pada malam hari ini warga tampak sangat antusias mengikuti acara malam Tirakatan kali ini. Seperti diketahui acara demikian sudah 2 tahun belakangan tidak di selenggarakan Karena pandemi covid-19.

Seperti terlihat di wilayah RT 34/RW 14 Kroyo, Karangmalang Sragen, warga terlihat kompak dan bersemangat mengikuti kegiatan ini.   Bukan hanya kaum bapak dan emak-emak, anak-anak pun bersemangat mengikuti acara ini.

Acara dimulai dengan pembacaan sejarah singkat Kabupaten Sragen, serta sambutan dari Bupati Sragan dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati oleh panitia dan doa yang dibacakan menggunakan Bahasa Jawa.

Acara berlanjut ke  pemotongan nasi tumpeng  diiringi lagu selamat ulang tahun yang dinyanyikan semua hadirin. 

Kiswanto, Ketua RT 34/ RW 14 Kelurahan Kroyo mengatakan, malam tirakatan sekaligus untuk mengenalkan, serta mengenang sejarah pendiri dan berdirinya Kabupaten Sragen kepada warga.
Sehingga generasi penerus bisa meneladani para tokoh terdahulu. 

“Salah satu tujuan diadakan acara ini adalah mengenalkan sejarah Kabupaten Sragen dan membangun kebersamaan antar warga”katanya, Jumat (27/5/2022) 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved