Berita Internasional

4 Orang Tewas dalam Kecelakaan Kereta Api di Jerman, Puluhan Lainnya Luka-Luka

Jumat (3/6/2022), kecelakaan kereta api terjadi di Jerman selatan, dekat resor Bavarian Alpine.

Kompas.com/Istimewa
Pasukan darurat dan penyelamat bekerja di lokasi kecelakaan kereta api di Burgrain, Jerman, Jumat, 3 Juni 2022. (DPA/UWE LAIN via AP PHOTO) 

TRIBUNJATENG.COM, BERLIN - Jumat (3/6/2022), kecelakaan kereta api terjadi di Jerman selatan, dekat resor Bavarian Alpine, wilayah yang bersiap untuk menjadi tuan rumah KTT G7 pada akhir Juni.

Kecelakaan menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai puluhan lainnya.

Beberapa gerbong kereta api lokal berwarna merah tergeletak miring di area berumput di samping jalan raya, setelah diduga tergelincir.

Baca juga: Jet Tempur Angkatan Laut Amerika Jatuh di Gurun, Pilot Tewas

Tim penyelamat berdiri di sisi atas gerbong, menggunakan tangga dan naik ke gerbong untuk menjangkau penumpang yang terjebak.

"Dalam kecelakaan kereta api yang serius, pada 15.32 waktu setempat (22.32 WIB), empat orang terluka parah," kata polisi dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir AFP.

"Sekitar 30 penumpang terluka, 15 di antaranya sangat serius sehingga mereka harus dirawat di rumah sakit terdekat," kata mereka, seraya menambahkan bahwa operasi penyelamatan besar-besaran dilakukan untuk menormalkan jalur.

Menteri Dalam Negeri Jerman Bavaria Joachim Herrmann mengatakan tiga korban ditemukan tewas, sementara yang keempat meninggal karena luka-lukanya dalam perjalanan ke rumah sakit.

Kanselir Olaf Scholz menyuarakan keterkejutan atas kecelakaan itu dan mengatakan simpatinya kepada keluarga para korban.

Kecelakaan itu terjadi ketika pejabat kereta api mengawasi dengan gugup kemungkinan penuh sesaknya kereta selama libur akhir pekan. 

Pasalnya, tiket transportasi umum bersubsidi seharga sembilan euro (10 dollar AS) diberlakukan seluruh Jerman mulai bulan ini.

Pemerintah Jerman memberikan subsidi besar-besaran mulai Juni selama tiga bulan pada transportasi umum itu, sebagai tanggapan atas kenaikan harga di berbagai sektor utamanya energi.

 
Kesalahan teknis?


Stefan Sonntag dari kepolisian Upper Bavaria mengatakan kereta regional "sangat ramai dan banyak orang yang menggunakannya, sehingga banyak orang yang terluka".

Liburan sekolah juga dimulai dari Sabtu di dua wilayah Jerman selatan Baden-Wuerttemberg dan Bavaria, menimbulkan kekhawatiran anak-anak mungkin termasuk di antara yang terluka.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved