Berita Jateng

PT TWC Masih Persiapkan SOP Wisatawan Naik Candi Borobudur, Akan Gunakan Alas Kaki Khusus

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) sedang mempersiapkan Standard Operational Procedure (SOP) teknis pelaksanaan terkait

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: m nur huda
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Petugas Balai Konservasi Borobudur menyemprot cairan disinfektan ke bangunan Candi Borobudur, Senin (16/3/2020) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC B-PRB) sedang mempersiapkan Standard Operational Procedure (SOP) teknis pelaksanaan terkait kunjungan wisatawan yang akan naik ke bangunan Candi Borobudur.

"PT TWC sedang SOP teknis pelaksanaannya dan akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Borobudur (BKB). SOP ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas layanan kepada wisatawan.

Keputusan tersebut akan dilaksanakan setelah SOP teknis sudah siap,” kata Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono dalam keterangan pers yang diterima tribunjateng.com, Senin (6/5/2022).

Disebutkan, pengaturan kunjungan wisatawan yang akan naik ke bangunan Candi Borobudur sendiri sebelumnya telah dibahas dalam rapat koordinasi (rakor) antar Kementerian/Lembaga di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.

Dalam rakor yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan itu telah diambil keputusan bahwa diperlukan pembatasan kunjungan wisatawan yang akan naik ke bangunan Candi Borobudur dengan menerapkan sistem kuota.

Akan ditetapkan kuota bagi wisatawan yang naik ke bangunan Candi Borobudur sejumlah 1.200 orang perhari.

Jumlah tersebut setara dengan 10-15 persen persen dari rata-rata perhari jumlah wisatawan ke Candi Borobudur sebelum masa pandemi. 

"Sebagaimana disampaikan oleh Pak Luhut, pengaturan kuota kunjungan 1.200 wisatawan per hari adalah kuota khusus untuk wisatawan yang naik bangunan Candi Borobudur.

Sedangkan untuk kunjungan regular, selama masa pandemi ini kuota wisatawan akan mengikuti ketentuan dari satgas Covid-19.

Ke depan kami harapkan pandemi segera berakhir sehingga wisatawan bisa hadir dengan ke Taman Wisata Candi Borobudur dengan lebih leluasa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved