Berita Jateng

Soal Tiket Naik Candi Borobudur, Pengelola: Ini Demi Kepentingan Pelestarian Bagian Atas

Adapun, harga tiket masuk Candi Borobudur direncanakan menjadi Rp 750.000 per orang bagi wisatawan lokal, 100 dollar AS atau sekitar Rp 1.443.000 bagi

Editor: m nur huda
tribunjateng/m nur huda
Petugas sedang membersihkan relief Candi Borobudur dari abu vulkanik Gunung Merapi, Kabupaten Magelang 

TRIBUNJATENG.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan wacana pemerintah menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur.

Adapun, harga tiket masuk Candi Borobudur direncanakan menjadi Rp 750.000 per orang bagi wisatawan lokal, 100 dollar AS atau sekitar Rp 1.443.000 bagi wisatawan asing. Untuk pelajar, tarifnya Rp 5.000.

Menurut penjelasan Luhut, kenaikan harga tiket masuk bertujuan untuk membatasi jumlah kunjungan yakni 1.200 orang per hari di bangunan candi yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tersebut.

Baca juga: Tiket Naik Candi Borobudur Rp 750.000, Industri Pariwisata: Kami Berharap Itu hanya Wacana

Kenaikan tarif disebut juga untuk menjaga kelestarian Candi Borobudur.

Kepala Auditor TWC (PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko) Aryono Hendro mengatakan, pihaknya mendukung upaya tersebut karena berbagai pertimbangan.

Tak hanya untuk kepentingan menjaga kelestarian candi, ia menilai bahwa wacana ini masih akan dikaji dan tidak akan diberlakukan dalam waktu dekat.

“Wacana itu kan muncul saat ratas oleh pak Luhut, salah satu wacananya soal tiket naik. Tapi kan tidak serta merta dalam 1-2 hari ini akan naik," kata Aryono kepada Kompas.com, Minggu (5/6/2022).

Menurut dia, perlu persiapan dan koordinasi terlebih dahulu.

Setelah itu, baru nanti segera diputuskan untuk menindaklanjuti hasil rapat.

“Dari kami tentunya karena ini kepentingan untuk pelestarian bagian atas (candi), kami mendukung. Nanti mungkin ada koreksi harga dan lain sebagainya juga,” imbuh Aryono.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved