1.400 Bibit Mangrove Ditanam 1KM di Pesisir Pantai Cepiring Kendal

Sebanyak 1.400 bibit mangrove ditanam di pesisir Pantai Margorejo, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal pada, Rabu (8/6/2022).

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Daniel Ari Purnomo
istimewa
Jajaran TNI, Polri, kecamatan dan masyarakat Cepiring, Kendal menanam 1.400 bibit mangrove di Pantai Margorejo, Rabu (8/6/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Sebanyak 1.400 bibit mangrove ditanam di pesisir Pantai Margorejo, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal pada, Rabu (8/6/2022).

Bibit-bibit mangrove itu ditanam sepanjang 1 kilometer di wilayah pantai.

Kapolsek Cepiring, AKP Agung Setyo Nugroho mengatakan, penanaman ini bagian dari upaya TNI Polri dan Pemerintah Kendal untuk mencegah terjadinya abrasi. 

Sehingga, nantinya pohon mangrove akan tumbuh untuk menahan terjangan gelombang pasang air laut. 

"Tujuannya untuk mengantisipasi dampak abrasi dengan memulihkan sabuk pantai," terangnya.

Menurut AKP Agung, program penanaman mangrove ini dilakukan dalam rangka HUT ke-76 Bhayangkara.

Pihaknya berharap, bibit-bibit mangrove yang telah ditanam bisa tumbuh dengan baik sebagai langkah awal pencegahan abrasi di Kabupaten Kendal.

"Ini bagian dari upaya menjaga kelestarian alam untuk penanggulangan banjir rob atau air laut pasang, dan menjaga ekositem," tuturnya.

Rencananya, beberapa lokasi di pesisir pantai Kendal bakal ditanami belasan ribu pohon mangrove serentak pada Jumat mendatang. Sehingga, akan lebih banyak lagi pesisir pantai yang nantinya terpelihara dari ancaman gelombang air pasang. (Sam)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved