Bupati Sragen Geleng-geleng Warga Beda Agama Hidup Rukun, Dapat Penghargaan Menag Yaqut Cholil

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengapresiasi kerukunan antar dan sesama umat beragama.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Khoirul Muzakki
Bupati Yuni saat memberikan sambutan pada acara halal bihalal bersama organisasi keagamaan di pendopo kabupaten, Selasa malam (7/6/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengapresiasi peran Organisasi Keagamaan di Kabupaten Sragen, juga MUI dan FKUB  karena berhasil membina kerukunan antar dan sesama umat beragama.

Terbinanya kerukunan di Sragen ini juga terbukti dengan diraihnya penghargaan Harmony Award yang diserahkan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas kepada Ketua FKUB Sragen Mustaqim dalam acara Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 75 KEMENAG RI, di Kantor Kemenag RI Jakarta, 2021 lalu.

Penghargaan tersebut diraih FKUB Sragen karena dinilai berhasil dalam berkontribusi untuk menjaga kerukunan antar umat beragama di wilayah Sragen.

“Saya merasa sejuk karena selama memimpin Sragen masyarakat kondusif. Dan kita punya kewajiban bersama untuk menjaganya,”katanya, Rabu (8/6/2022)

Menurut Yuni, kerukunan itu bukan sekadar teori, namun sudah dipraktikkan selama ini. Di antaranya melalui acara halal bihalal yang memertemukan berbagai ormas keagamaan, khususnya NU dan Muhammadiyah. 

Ia menggarisbawahi peran dua Organisasi Kegamaan dengan massa terbesar di Indonesia itu dalam menjaga kerukunan di bumi nusantara, khususnya di Sragen.  Jangan sampai keduanya bertentangan.

“Kalau keduanya rukun, semuanya rukun,”katanya

Kerukunan itu di antaranya dibina melalui pertemuan-pertemuan antar kelompok keagamaan, seperti pada acara halal bihalal yang digelar Selasa malam, (7/6/2022) di pendopo kabupaten. 

Ia mengatakan, halal bihalal yang memertemukan perwakilan organisasi keagamaan di Sragen sudah mditradisikan tiap tahun. Hanya beberapa tahun belakangan, kegiatan itu urung dilaksanakan karena pandemi Covid 19.

(*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved