Stikes Telogorejo Semarang

Perawat dan Peluangnya sebagai Entrepreneur

perawat adalah orang yang bekerja sebagai tenaga kesehatan profesional yang tugasnya memberikan perawatan kepada pasien atau klien

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Ilustrasi Perawat 

Oleh : Nana Noviada K, SE., MM - Dosen STIKES Telogorejo Semarang

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, perawat adalah orang yang bekerja sebagai tenaga kesehatan profesional yang tugasnya memberikan perawatan kepada pasien atau klien, baik itu berupa aspek psikologis, biologis, sosial, dan spiritual dengan mengaplikasikan proses keperawatan.

Kebanyakan lulusan keperawatan berharap untuk mendapatkan pekerjaan di rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan lainnya.

Namun, sayangnya seringkali ada gap antara keterampilan para fresh graduate dan harapan pemberi kerja membuat kesempatan bekerja di rumah sakit ataupun klinik menjadi tidak mudah didapatkan.

Ilustrasi Perawat
Ilustrasi Perawat (IST)

Timpangnya jumlah lulusan perawat dan posisi yang tersedia di lapangan membuat pentingnya bagi seorang perawat memiliki bekal ilmu entrepreneurship.

Tidak hanya karena hal tersebut saja, tetapi juga untuk bisa memiliki kondisi finansial yang lebih baik. Pasalnya, tidak bisa dimungkiri, gaji perawat di beberapa daerah bahkan tidak selaras dengan UMP daerah tersebut.

Nursepreneurship
Tugas perawat pada dasarnya memang memberikan pelayanan dan edukasi kesehatan, walau begitu perawat sebenarnya memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis atau usahanya sendiri di bidang keperawatan tanpa meninggalkan tugas pokoknya.

Menjadi seorang perawat yang menjalankan nursepreneurship berarti menjadi seorang pengusaha (nursepreneur) di bidang keperawatan yang mengintegrasikan nilai-nilai keperawatan yang dapat dipertanggungjawabkan langsung kepada klien atas usaha/bisnis yang dijalankannya.

Rio Febrian (2015), dalam bukunya yang berjudul "Nursepreneurship: Gagasan & Praktik Kewirausahaan dalam Keperawatan", menyatakan bahwa nursepreneur adalah seorang perawat pengusaha yang dalam hal ini bekerja secara mandiri saat memberikan pelayanan keperawatan yang meliputi antara lain perawatan langsung, penelitian, pendidikan, administratif atau konsultasi dalam menciptakan bisnis/usahanya.

Peluang Usaha untuk Perawat
Ada banyak peluang usaha yang bisa dibidik di bidang keperawatan, di antaranya:

1. Area Pelayanan Keperawatan
Pada area pelayanan keperawatan, seorang perawat dapat berperan serta sebagai penggagas ide, pengelola, pemilik saham, atau sebagai pemilik usaha. Ada banyak jenis usaha yang bisa dijalankan di area pelayanan keperawatan, contohnya saja usaha home care.

Menurut Kementrian Kesehatan, layanan home care adalah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan juga komprehensif, yang dalam hal ini diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang memiliki tujuan untuk mempertahankan, memulihkan kesehatan, meningkatkan tingkat kemandirian, serta berusaha meminimalkan akibat dari suatu penyakit (Depkes RI, 2002).

Layanan home care ini sendiri jika dijalankan dengan baik bahkan bisa memberikan penghasilan yang jauh melebihi gaji perawat di rumah sakit. Pasien-pasien terminal yang membutuhkan perawatan paliatif juga akan sangat terbantu dengan layanan semacam ini.

Area pelayanan lain yang memungkinkan menjadi usaha perawat contohnya adalah sebagai praktisi terapi komplementer atau fisioterapis. Seorang nursepreneur di area pelayanan keperawatan juga bisa membangun usahanya dengan membuka klinik bersama berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain seperti dokter, apoteker, atau bidan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved