Berita Semarang

Pemprov Jateng Terbitkan Penlok Proyek Tol Bawen-Yogyakarta Lewati 4 Kabupaten dan Kota

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) telah resmi menerbitkan penetapan lokasi (penlok) pembangunan Jalan Tol Bawen-Yogyakarta.

Editor: m nur huda
ISTIMEWA
Ilustasi Jalur Tol Bawen-Yogyakarta melintasi Magelang Jawa Tengah 

 

TRIBUNJATENG.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) telah resmi menerbitkan penetapan lokasi (penlok) pembangunan Jalan Tol Bawen-Yogyakarta.

Proyek Jalan Tol Bawen-Yogyakarta yang merupakan proyek strategis nasional ini di proyeksikan melintasi empat Kabupaten / Kota di Jawa Tengah. 

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Setda) Jateng Peni Rahayu mengatakan, konstruksi infrastruktur tersebut akan melewati empat kabupaten/kota di Jateng.

Hal ini dia sampaikan ketika mengisi Webinar Series 2: Konektivitas dan Peran Infrastruktur dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi, dikutip Kompas.com, Rabu (15/6/2022).

Peni datang sebagai nara sumber menggantikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang batal hadir.

"Kemudian, untuk (Tol) Jogja-Bawen atau Bawen-Jogja ini juga telah kami keluarkan, empat kabupaten/kota yang terlewati," jelasnya.

Sebelumnya, pembangunan tol tengah berproses untuk pengadaan tanah infrastruktur konektivitas tersebut.

Mengutip dari laman Pemprov Jateng, Tol Yogya-Bawen akan dimulai dari Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, hingga Kabupaten Semarang.

Ini diterbitkan melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 590/12 Tahun 2022 tentang Penetapan Lokasi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Kabupaten Temanggung dan Kota Magelang.

Kemudian, Kepgub Nomor 590/14 Tahun 2022 tentang Penetapan Lokasi Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Kabupaten Semarang.

Selain itu, Kepgub Nomor 590/13 Tahun 2022 tentang Penetapan Lokasi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Kabupaten Magelang.

Tol Bawen-Yogyakarta ini memiliki nilai investasi sebesar Rp 14,26 triliun dengan masa konsensi 40 tahun.

Dari total panjang jalan tol 75,82 Km yang akan di bangun, 67,05 Km berada di wilayah Jawa Tengah, dan 8,77 Km berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Adapun Tol Yogya-Bawen terdiri dari enam bagian yakni, Seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo sepanjang 8,25 Km, Seksi 2 Banyurejo sampai Borobudur (15,26 Km), Seksi 3 Borobudur-Magelang (8,08 Km), dan Seksi 4 Magelang-Temanggung (16,46 Km).

Kemudian dilanjutkan Seksi 5 Temanggung-Ambarawa (22,56 Km) dan Seksi 6 Ambarawa-Bawen (5,21 Km).(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Proyek Tol Bawen-Yogyakarta, Melintasi Empat Kota di Jawa Tengah

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved