Bupati Sukoharjo Terima Penghargaan MURI, Panen Padi IP 400 di Kecamatan Weru

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) lantaran panen padi dengan menggunakan metode tanam IP 400.

istimewa
Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat menerima anugerah dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas dilaksanakannya program IP 400 atau panen padi empat kali setahun, Rabu (22/6/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Bupati Sukoharjo Etik Suryani mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) lantaran panen padi dengan menggunakan metode tanam IP 400 atau tanam dan pada 4 kali setahun di Desa Tegalsari, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo.

Founder MURI, Jaya Suprana menyampaikan, IP 400 bisa dikelola dalam segala kawasan secara efektif. Selain itu juga cara baru memanfaatkan lahan secara intensif.

“Cara memanfaatkan lahan secara intensif pengelola air, penggunaan benih unggul cegah antisipasi hama penyakit. Selain itu juga mengenalkan teknologi mekanismelisasi guna meningkatkan produktivitas dan produksi pangan,” ucapnya, Rabu (22/6/2022).

Menurunnya, gerakan IP 400 mulai diaplikasikan pada era Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo, pada tahun 2021. Yakni di saat musim Covid-19, tantangan iklim ekstrim, dan berbagai kendala dapat dihadapi.

“Sehingga berhasil panen di hasil panen di 9.834 hektar tersebar di 98 Kabupaten, di antaranya 2.088 hektar di Kabupaten Sukoharjo,” terangnya.

Jaya menegaskan, prestasi ini mustahil akan adanya sosialisasi dan hubungan pemerintah daerah. Selain itu juga peran serta petugas lapangan.

“Satu diantara sekian banyak media sosial melalui webinar oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan yang diselenggarakan sebanyak 478 episode dengan total 825.500 sertifikat narasumber acara tersebut,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Jaya, MURI memberikan maklumat dan anugerah kepada Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo. 

“Juga kepada Bupati Sukoharjo Etik Suryani dan Direktur Jenderal tanaman pangan Kementerian Pertanian, dokter Suwandi,” tuturnya.

“Selamat dan segera berwujud dan kemakmuran yang berkeadilan segera tercipta,” tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved