Berita Regional

2 Warga NTT di Perbatasan Timor Leste Serahkan 4 Senjata Rakitan Eks Milisi ke TNI AL

Warga menyerahkan senjata rakitan ke prajurit yang bertugas di Pos Angkatan Laut (Posal) Atapupu.

Kompas.com/Istimewa
Senjata api rakitan yang diserahkan warga Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), dimusnahkan oleh anggota TNI AL(Dokumen Dispen Lantamal VII) 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Antonio Gomes (55) dan Fransisco Da Silva (39), warga dari desa Dualas, kecamatan Kakuluk Mesak, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyerahkan senjata rakitan ke prajurit yang bertugas di Pos Angkatan Laut (Posal) Atapupu.

Keduanya menyerahkan sebanyak 4 buah senjata.

Dulunya, senjata api laras panjang dan laras pendek tersebut digunakan pada saat konflik antara masyarakat eks milisi yang pro terhadap pemerintahan Indonesia dengan warga Timor-Timur.

Baca juga: Kronologi Putra Buya Arrazy Tewas Tertembak Pistol Polisi di Tuban

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) VII Kupang Laksamana Pertama Heribertus Yudho Warsono menyampaikan apresiasi atas kesadaran warga yang datang sendiri  menyerahkan senjata untuk diamankan aparat TNI AL.

“Penyerahan senjata ini didasari oleh keinginan pribadi, artinya kita tidak memaksa tetapi bapak-bapak datang kepada kita untuk menyerahkan senjata dengan kesadarannya,” kata Heribertus dalam keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Kamis (23/6/2022).

Setelah menyerahkan ke petugas Posal Atapupu, senjata ini diserahkan kepada Lantamal VII Kupang.

Pada Selasa (21/6/2022), senjata rakitan ini kemudian dimusnahkan.

Heribertus berharap agar warga yang masih memiliki senjata menyerahkan kepada aparat TNI untuk diamankan.

Menurutnya, warga tidak perlu lagi menyimpan senjata karena nanti apabila senjata itu disalahgunakan akan muncul masalah baru dan memicu tindakan kriminal.

“Percayakan bahwa keamanan negara sudah ada yang melindungi, jadi warga tidak perlu menyimpan senjata,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Staf Angkat Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan bahwa di manapun TNI AL berada harus memberikan manfaat pada rakyat dan cepat tanggap dengan permasalahan rakyat. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Warga Perbatasan Timor Leste Serahkan Senjata Rakitan Eks Milisi ke TNI AL "

Baca juga: Tukang Bakso Masih Trending di Twitter, Ini Pidato Megawati di Rakernas PDIP yang Sebut Tukang Bakso

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved