SMPN 1 Kendal Jajaki Kelas Khusus Olahraga

SMPN 1 Kendal ditunjuk sebagai pilot project kelas khusus olahraga ini dengan menyiapkan satu kelas berkapasitas 31 siswa.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Daniel Ari Purnomo
istimewa
ILUSTRASI: Pendaftaran sekolah jenjang SMK tahun ajaran 2022 / 2023. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Inovasi pengembangan pendidikan dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal dengan membuka kelas khusus olahraga pada 2022.

SMPN 1 Kendal ditunjuk sebagai pilot project kelas khusus olahraga ini dengan menyiapkan satu kelas berkapasitas 31 siswa.

Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, kelas khusus olahraga atau KKO ini dibuka untuk menjaring bakat dan minat peserta didik di bidang olahraga.

Tahap pertama, kata dia, dibuka satu kelas dengan kapasitas daya tampung 32 siswa.

Namun, hanya 31 siswa yang melanjutkan proses tahapan seleksi hingga rampung.

Wahyu menjelaskan, peserta didik yang tergabung dalam KKO ini akan mendapatkan pendidikan beberapa cabang olahraga. Mulai dari Anggar, Pencaksilat, Taekwondo, Gulat, Sepakbola, Atletik, Bola Voly, Angkat Besi dan beberapa cabor lainnya.

Pihaknya juga menggandeng Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kendal untuk membantu memfasilitasi sarana dan prasarana penunjang pendidikan.

Supaya, bentukan baru kelas khusus olahraga ini bisa menghasilkan lulusan yang kompetitif dan kompeten di bidang olahraga

"Kelas khusus olahraga ini ikhtiar kami dalam rangka implementasi strategi among siswa yang mempertimbangkan bakat minat dan potensi peserta didik. SMPN 1 Kendal sebagai pelaksana pertama KKO dengan membuka satu rombongan belajar (rombel)," terangnya, Jumat (24/6/2022).

Wahyu menegaskan, seleksi peserta didik masuk kelas khusus olahraga ini cukup ketat dengan menerapkan beberapa tes kualifikasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved