Berita Jepara

Dukung Kelestarian Kesenian Tradisional, Polres Jepara Gelar Lomba Tongtek

Kepolisian Resor Jepara menyelenggarakan Lomba Tongtek. Tujuan lomba ini dimaksudkan untuk mendukung kelestarian kesenian tradisional di Bumi Kartini

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: m nur huda
Dok. Polres Jepara
Kapolres Jepara AKBP Warsono dan Wakapolres Jepara Kompol Berry seusai membuka Lomba Tongtek di Halaman Mapolres Jepara, Sabtu (25/6/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Kepolisian Resor Jepara menyelenggarakan Lomba Tongtek. Tujuan lomba ini dimaksudkan untuk mendukung kelestarian kesenian tradisional di Bumi Kartini.

Kapolres Jepara AKBP Warsono saat membuka acara di Halaman Mapolres Jepara, Sabtu (25/6/2022), mengatakan lomba ini diikuti 20 peserta. Masing-masing peserta merupakan perwakilan Polsek di jajaran Polres Jepara.

Selain itu, kata dia, lomba ini untuk memeriahkan HUT ke-76 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli.

“Pada rangkaian HUT ke-76 Bhayangkara ini kami memang mengadakan beberapa perlombaan antara lain lomba tongtek yang berbasis kearifan lokal daerah musik tradisional maupun modern di wilayah Kabupaten Jepara,” kata Warsono.

Menurutnya, lomba ini bisa mengakomodir dan mewadahi kesenian dan kearifan lokal di Jepara.

Dia  mengungkapkan akan menyelenggarakan lomba ini secara rutin apabila respons masyatakat baik. Untuk itu, dia akan melihat respons masyarakat terhadap penyelenggaran lomba tongtek di Polres Jepara.

"Jika mendapatkan respons positif, maka tentunya akan menjadi agenda rutin setiap tahun, sekaligus untuk mendorong masyarakat untuk kembali menghidupkan musik tradisional tersebut," tandasnya.(*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved