Berita Banyumas

Lomba Mural di GOR Satria Purwokerto, Ajak Masyarakat Berkunjung ke Museum Wayang Banyumas

Museum Wayang Banyumas menggelar lomba mural bertempat di GOR Satria Purwokerto, Sabtu (25/6/2022). 

Penulis: Imah Masitoh | Editor: Catur waskito Edy
Tribunjateng.com/Imah Masitoh
Peserta lomba mural Museum Wayang Banyumas sedang menggambar di dinding GOR Satria Purwokerto, Sabtu (25/6/2022).  

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Upaya mempublikasikan museum Wayang lebih luas lagi, Museum Wayang Banyumas menggelar lomba mural bertempat di GOR Satria Purwokerto, Sabtu (25/6/2022). 

Lomba mural ini diikuti para seniman mural dari berbagai wilayah di sekitar Banyumas, secara tim dengan mengikutkan maksimal 3 orang setiap timnya. 

Dengan mengangkat tema "Ayo ke Museum Wayang Banyumas", peserta menggambar berbagai karakter yang disesuaikan dengan tema yang sudah ditetapkan panitia. 

Peserta lomba mural tahun ini dibatasi hanya berjumlah 15 tim. Peserta begitu antusias membuat berbagai karakter di dinding GOR Satria Purwokerto

Arif Rahman panitia pelaksana lomba mural mengatakan, lomba mural ini memiliki tujuan selain untuk mempromosikan Museum Wayang Banyumas, juga menjadi wadah para seniman mural untuk menuangkan kreatifitasnya dalam lomba ini.
 
"Mural saat ini sedang in, kita juga ada program untuk publikasi. Selain itu juga ini jadi wadah seniman mural dari pada mencoret-coret di tempat umum tanpa izin kan lebih baik di sini berlomba," ungkapnya. 

Dipilihnya GOR Satria Purwokerto menjadi lokasi lomba karena melihat masih banyak ruang dinding yang kosong dan dapat untuk diisi dengan lukisan mural. 

Selain itu GOR Satria Purwokerto menjadi tempat yang sering mengadakan event-event nasional sehingga pengunjung yang datang berasal dari berbagai daerah. 

Dengan hal ini akan banyak orang yang melihat mural ajakan untuk bertandang ke Kota Lama Banyumas dan khususnya Museum Wayang Banyumas

"Sengaja dipilih hari Sabtu karena tidak ramai. Karena dalam membuat mural ini dibutuhkan konsentrasi. Harapannya saat hari minggu dengan banyaknya pengunjung yang datang di sini akan menjadi kejutan bagi mereka karena dindingnya sudah cantik," ungkapnya. 

Rencana ke depannya Museum Wayang Banyumas akan mengadakan lomba mural dengan skala yang lebih besar dari tahun ini yang baru melambaikan 15 tim. 

"Karena ini program tahunan. Saya juga dapat kabar dari Kadinporabudpar Banyumas untuk coba membuat acara seperti ini diluar anggaran seperti sekarang," ucapnya. 

Selain lomba mural ini Museum Wayang Banyumas juga memiliki berbagai event menarik lainnya untuk beberapa bulan depannya.

"Akan ada event lainnya seperti lomba macapat dalam rangka hari anak nasional bulan Juli, pagelaran dalang muda bulan Agustus, lomba foto, dan beberapa kegiatan lainnya," tambahnya. 

Arif mengharapkan dengan adanya lomba mural ini Museum Wayang Banyumas semakin dikenal lagi oleh masyarakat luas dan mampu menjadi upaya menghidupkan kembali Kota Lama Banyumas. (ima)

Baca juga: 50 Penderita Katarak di Pati Ikuti Operasi Gratis PT Erela dan RS KSH

Baca juga: 559 Mahasiswa UKSW Salatiga Diwisuda, Rektor: Bersyukur Sudah Tak Lagi Secara Online

Baca juga: Chord Gitar Stinky Mungkinkah : Begitu Beratnya Kau Lepas Cintaku

Baca juga: Besar Biaya Admin dan Cara Transfer Saldo GoPay ke Akun OVO Tanpa Ribet

Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved