Berita Nasional

Jokowi Jelang Lepas Landas Ke Ukraina-Rusia: Perang Harus Dihentikan

Presiden Jokowi telah lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1),

Editor: m nur huda
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres KH Maruf Amin memberikan keterangan pers sesaat sebelum berangkat lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1), Minggu (26/6/2022) sekitar pukul 10.36 WIB. Jokowi diagendakan ke Jerman, Ukraina, Rusia. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Presiden Jokowi telah lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1), Minggu (26/6/2022) sekitar pukul 10.36 WIB.

Jokowi diagendakan mengunjungi empat negara yakni Jerman, Ukraina, Rusia, dan Uni Emirates Arab.

Sebelum Jokowi ke Ukraina dan Rusia, bersama rombongan akan terlebih dahulu ke Jerman untuk menghadiri KTT G7.

Presiden Jokowi dan rombongan akan menempuh penerbangan menuju Munich selama kurang lebih 13,5 jam dan diperkirakan akan tiba di Munich International Airport pada pukul 19.00 Waktu Setempat (WS).

Usai dari Jerman presiden akan menuju Kiev, Ukraina untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelenskyy.

Presiden mengatakan misi kunjungannya ke Ukraina adalah mengajak Zelenskyy membuka ruang dialog untuk membangun perdamaian terkait konflik dengan Rusia.

"Karena perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," kata Presiden di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Setelah dari Ukraina, Presiden akan bertolak menuju Moskow, Rusia untuk bertemu dengan Vladimir Putin.

Misi yang sama dibawa presiden Jokowi saat bertemu dengan putin yakni membuka ruang dialog perdamaian.

"Untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," ujar Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Munich, Jerman, yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono.

Kemudian Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Jerman untuk menyiapkan kunjungan Presiden Joko Widodo.(*)
 


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Presiden Bertolak Kunjungan ke 4 Negara, Apa Saja Misi yang Dibawa Jokowi ke Ukraina dan Rusia?

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved